Kabar Mahasiswa UB Teliti Bentuk Kaki Wanita Hoaks

    Daviq Umar Al Faruq - 10 Agustus 2020 21:11 WIB
    Kabar Mahasiswa UB Teliti Bentuk Kaki Wanita Hoaks
    Iustrasi. Universitas Brawijaya. Foto: Medcom/Daviq Umar Al Faruq
    Malang: Beredar surat yang mengatasnamakan seorang mahasiswa dari Universitas Brawijaya (UB), Kota Malang, Jawa Timur, dan tengah melakukan penelitian soal bentuk kaki wanita. Surat tersebut sempat beredar di media sosial WhatsApp dan Twitter.

    Kasubag Humas dan Kearsipan UB, Kotok Gurito, mengatakan, surat tersebut palsu dan bukan berasal dari kampusnya. Pihak UB pun telah melakukan penelusuran terkait surat tersebut.

    "Surat itu palsu, bukan dari kami. Tidak ada program studi atau jurusan Ilmu Psikologi Kesehatan di Fakultas Kedokteran," katanya saat dikonfirmasi Medcom.id, Senin 10 Agustus 2020.

    Sebagai informasi, dalam surat yang beredar di media sosial tersebut terdapat nama mahasiswa Ayu Sofia Anggraeni yang mengaku sebagai mahasiswi jurusan Ilmu Psikologi Kesehatan Fakultas Kedokteran UB.

    Bahkan, kata dia, dalam surat permohonan penelitian berjudul 'Terapi Akupuntur Dalam Perawatan Kesehatan Reproduksi Wanita Remaja' tersebut terdapat kop resmi UB dan tanda tangan Wakil Dekan Bidang Akademik, Wisnu Barlianto.

    Baca: 9.752 Mahasiswa UNS Terima Keringanan UKT

    Namun setelah ditelusuri, terdapat beberapa kejanggalan dalam surat tersebut. Pertama, Wisnu Barlianto yang bertanda tangan dalam surat sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik, merupakan Dekan di Fakultas Kedokteran.

    "Selain itu tidak ada nama yang bersangkutan sebagai mahasiswa UB. Pihak FISIP dan Fakultas Kedokteran telah mengeluarkan keterangan resmi terkait surat tersebut," tegasnya.

    Sementara itu, UB masih belum menempuh jalur hukum terkait kasus ini. Sebab, dalam surat tersebut, mencatut nama UB dan Dekan Fakultas Kedokteran.

    "Kami baru lakukan langkah-langkah awal dulu. Belum ke arah situ (jalur hukum)," ungkapnya.

    (AGA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id