DPR Tunggu Masukan LPTK Terkait Revisi UU Sisdiknas

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 13 Mei 2020 20:36 WIB
    DPR Tunggu Masukan LPTK Terkait Revisi UU Sisdiknas
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda meminta Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) mengkaji Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Kajian tersebut diharapkan bisa menghasilkan masukan agar ada regulasi yang menyehatkan LTPK dalam revisi UU Sisdiknas.

    "Saya berharap LTPK melakukan kajian serius apa saja regulasi yang diperlukan dan yang direvisi,” ujar  Huda dalam diskusi daring bertajuk Strategi LPTK dalam Menyukseskan Merdeka Belajar, Rabu, 13 Mei 2020.

    Huda menyebut ini sangat penting, sebab saat ini konsep Merdeka Belajar yang diusung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim belum memiliki pijakan yang kuat dalam regulasi. Makanya, dinilai perlu adanya revisi regulasi.

    "Saat yang sama saat merdeka belajar ini dijalankan butuh revisi regulasi yang ada, mulai dari Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003, dan seterusnya," ujarnya.

    Baca: Revisi UU Sisdiknas Harus Jawab Tantangan Global

    Ia mengungkapkan RUU Sisdiknas saat ini sudah masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas). Masukan LPTK amat dibutuhkan. "Ini kesempatan, Komisi X dengan Kemendikbud sudah MoU, dan sudah masuk Prolegnas terkait revisi UU Sisdiknas Nomor 20 tahun 2003,”

    Huda menyampaikan bahwa UU ini nantinya akan didorong menjadi UU inti pendidikan nasional. Selama ini, kata dia, banyak regulasi pendidikan yang tumpang tindih.

    "Terserap dari berbagai Undang-Undang dan saling tumpang tindih, jujur diakui," ujarnya.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id