Ribuan Mahasiswa Baru UNPAR Ikuti Progam SIAP

    M Studio - 06 Agustus 2019 16:36 WIB
    Ribuan Mahasiswa Baru UNPAR Ikuti Progam SIAP
    Mahasiswa baru UNPAR diterima melalui berbagai jalur Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB). (Foto: Dok. UNPAR)



    Bandung: Sebanyak 2.692 mahasiwa baru Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) tahun akademik 2019/2020 bersiap mengikuti perkuliahan. 

    Mahasiswa UNPAR menunjukkan keberagaman. Mereka berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Selain Jawa Barat dan Jakarta, mahasiswa UNPAR datang dari Sumatera, termasuk Nias dan Mentawai. Ada pula yang berasal dari wilayah timur Indonesia, seperti dari Papua dan Maluku.

     



    “Selamat datang di kampus UNPAR. Anda datang dari berbagai penjuru Tanah Air dengan beragam latar belakang. Anda semua menjadi bagian dari komunitas akademik humanum UNPAR,” kata Rektor UNPAR Mangadar Situmorang, Ph.D. dalam sambutannya pada Upacara Pembukaan Tahun Akademik 2019/2020 dan Penerimaan Mahasiswa Baru 2019 Unpar, Senin, 5 Agustus 2019, di kampus utama UNPAR di Ciumbuleuit, Bandung, Jawa Barat.

    Ribuan Mahasiswa Baru UNPAR Ikuti Progam SIAP

    Upacara yang dihadiri oleh pengurus yayasan, Senat Universitas, dan pimpinan fakultas tersebut diisi dengan oratorium kebangsaan. Seusai upacara, seluruh mahasiswa baru akan mengikuti program Inisiasi dan Adaptasi (SIAP) yang berisi kegiatan pengenalan kampus dan program studi. Kegiatan SIAP berlangsung selama empat hari, 5-8 Agustus 2018. Kemudian, dilanjutkan dengan awal perkuliahan pada 12 Agustus 2019.

    “Mari kita sambut para mahasiswa baru ini sebagai kolega muda di dalam mencari, menggali, dan mengembangkan ilmu pengetahuan, kebenaran, dan kebaikan. UNPAR sebagai komunitas akademik humanum menghargai setiap perbedaan yang ada, dan itu adalah kekayaan yang menjadi bahan pembelajaran,” kata Mangadar.

    Ribuan Mahasiswa Baru UNPAR Ikuti Progam SIAP
    Mahasiswa baru UNPAR diterima melalui berbagai jalur Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), di antaranya adalah melalui Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) dan melalui Ujian Saringan Masuk (USM). 

    Ribuan Mahasiswa Baru UNPAR Ikuti Progam SIAP
    Adapun PMDK didasarkan pada hasil belajar siswa selama mereka berada di Kelas 10 dan 11 SMA/SMK. Penerimaan melalui jalur USM didasarkan pada hasil ujian yang diselenggarakan di UNPAR maupun di beberapa kota di Indonesia sepanjang Januari hingga Juli 2019.

    Merespons cara atau mekanisme yang berlangsung dalam penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri (PTN) yaitu melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), UNPAR juga menerima mahasiswa melalui jalur tersebut. Para calon mengajukan hasil atau skor UTBK mereka untuk bergabung di UNPAR. Namun, dari dua ribu lebih pelamar melalui jalur UTBK, hanya sekitar 300 mahasiswa yang diterima. 


    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id