UT Makin Modern dan Menjangkau Daerah 3T

    Gervin Nathaniel Purba - 26 Mei 2019 11:53 WIB
    UT Makin Modern dan Menjangkau Daerah 3T
    Upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional sekaligus dimulainya acara pencanangan Dies Natalis ke-35 tahun atau Lustrum ketujuh Universitas Terbuka di UTCC, Tangerang Selatan, Senin, 20 Mei 2019. (Foto: Medcom.id/Gervin Nathaniel Purba)
    Tangerang Selatan: Digitalisasi berdampak pada semua bidang. Tak terkecuali pendidikan. Universitas Terbuka (UT), misalnya. Digitalisasi membuat UT bertransformasi menjadi perguruan tinggi yang lebih modern dan memantapkan diri sebagai cyber university.

    Sesuai namanya, Universitas Terbuka menerapkan sistem belajar terbuka dan jarak jauh. Sistem belajar ini terbukti efektif untuk meningkatkan daya jangkau dan pemerataan kesempatan pendidikan tinggi yang berkualitas bagi semua warga negara Indonesia, termasuk mereka yang tinggal di daerah terpencil, baik di seluruh nusantara maupun di berbagai belahan dunia.

    Dalam mendistribusikan modul materi perkuliahan, dahulu UT menggunakan fasilitas pengiriman via pos. Kini memasuki era digitalisasi, modul bisa dikirimkan melalui online dan bisa diunduh gratis. Praktis dan cepat.

    Rektor Universitas Terbuka Ojat Darojat mengenang, tak hanya soal pengiriman modul kepada mahasiswa, dari sisi pelayanan pun kini terdampak digitalisasi. Sistem belajar mengajar juga tidak terpaku harus bertemu langsung di kelas. Semua bisa dilakukan melalui online.

    UT Makin Modern dan Menjangkau Daerah 3T
    Ketua Umum Dies Natalis UT Prof.Karnedi, Ph.D, Ka.LPPM (kiri) dan Rektor UT Ojat Darojat  (Foto: Medcom.id/Gervin Nathaniel Purba)

    "Melaksanakan ujian juga bisa online. Mahasiswa UT bisa melaksanakan ujian di mana saja. Terlebih mahasiswa yang tinggal di daerah terpencil untuk menghemat biaya," kata Ojat, dalam acara pencanangan dimulainya kegiatan Dies Natalis UT ke-35 tahun atau lustrum ketujuh yang dilaksanakan di UT Convention Center (UTCC), Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Senin, 20 Mei 2019. 

    Dengan sistem yang serba online, maka tidak ada alasan lagi bagi seseorang untuk tidak bisa mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Apalagi, kata Ojat, UT merupakan salah satu perguruan tinggi dengan biaya relatif terjangkau.

    "UT terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat, khususnya bagi masyarakat di daerah tertinggal, terdepan, terluar (3T). Mudah-mudahan UT bisa memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat, " ucap Ojat.




    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE
    MORE

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id