Perguruan Tinggi Dinilai Belum Maksimal Menghadirkan SDM Unggul

    Intan Yunelia - 03 Desember 2019 05:37 WIB
    Perguruan Tinggi Dinilai Belum Maksimal Menghadirkan SDM Unggul
    Ilustrasi. Foto: UI/humas
    Jakarta: Cendekiawan Muslim Azyumardi Azra menilai perguruan tinggi (PT) belum berperan maksimal dalam mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul. Sebab, perguruan tinggi dinilai terlalu banyak dibebani.

    "Saya kira belum maksimal karena ada beberapa alasan pertama beban yang dibebankan kepada PT terlalu berat dan banyak termasuk mencari uang sendiri dan dana sendiri," kata Azyumardi Azra dalam acara OPSI Metro TV, Senin, 2 November 2019.

    Ia menilai pemerintah juga belum terlalu serius untuk membantu perguruan tinggi agar bisa menghasilkan SDM unggul. Di sisi lain, pemerintah menuntu perguruan tinggi menerima jumlah peserta didik sebanyak-banyaknya.

    "Tidak hanya disuruh mencari dana dari masyarakat tapi sampai sekarang kebanyakan perguruan tinggi mengeluh karena harus meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) dalam rangka menampung anak bangsa," ujarnya.

    Perguruan Tinggi juga harus memikirkan kesejahteraan dosen. Tak jarang, banyaknya beban ini membuat perguruan tinggi malah fokus membuat program yang bersifat komersil.

    "Ini yang bikin pusing dan tidak fokus karena berpikir bagaimana meningkatkan kesejahteraan dosennya karena kesejahteraan yang disediakan untuk dosen itu tidak memadai dan harus dibikin program-program yang memang menghasilkan uang dan menghasilkan pemasukan," pungkasnya.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id