Jokowi Minta Dosen Asah Skill Mahasiswa Hadapi Era Disrupsi

    Ilham Pratama Putra - 15 September 2021 10:58 WIB
    Jokowi Minta Dosen Asah Skill Mahasiswa Hadapi Era Disrupsi
    Ilustrasi. Medcom.id



    Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut kemampuan adaptasi belajar mahasiswa harus meningkat. Utamanya, akibat disrupsi teknologi yang terus berkembang.

    Jokowi pun meminta agar para rektor dan dosen mampu memberikan pembelajaran yang adaptif pula buat mahasiswa. Perguruan tinggi tak bisa terus mengajarkan hal yang monoton.

     



    "Jangan sampai mahasiswa masih kita ajari dan ini jangan dibiarkan kita untuk belajar hal-hal yang rutinitas. Hati-hati mengenai ini, hal-hal yang monoton. Hati-hati mengenai ini dan tidak berani mencoba hal-hal yang baru," ujar dia dalam Pertemuan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia, Senin 13 September 2021.

    Baca: Jokowi Minta Rektor Pantau Mahasiswa di Luar Kampus, Narkoba Hingga Radikalisme

    Dengan begitu, para rektor dan dosen harus mampu membawa pembelajaran yang adaptif. Pembelajaran yang mampu mengadaptasi perubahan akibat teknologi.

    "Artinya memang perlu skill-skill untuk hal-hal yang baru dan sebelumnya tidak kita kenal dan kita semuanya harus selalu update dengan teknologi," terang dia.

    Menurutnya, kalau dosen tidak mengadaptasi cara mengajarnya maka bisa saja materi kuliah yang diberikan akan ketinggalan zaman. Jokowi meminta dosen memperhatikan hal tersebut.

    "Mungkin bapak ibu sekalian memberikan kuliah, mata kuliah mengenai A, semester depan mungkin sudah tidak relevan lagi ilmu A ini, apalagi yang diajarkan masih ilmu-ilmu 20 tahun yang lalu," tutur dia.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id