comscore

Kurikulum Prototype, Guru Tetap Jadi Kunci Suksesnya Pembelajaran

Ilham Pratama Putra - 21 Januari 2022 20:19 WIB
Kurikulum Prototype, Guru Tetap Jadi Kunci Suksesnya Pembelajaran
Ilustrasi. Medcom.id
Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus menawarkan Kurikulum Prototype 2022 ke seluruh satuan pendidikan di Indonesia. Kurikulum ini dinilai menjadi alat bantu guru dalam menciptakan pembelajaran yang inklusif.

"Kurikulum ini menjadi alat untuk guru untuk mengajar karena guru menjadi kunci kita ketika ingin mendorong anak-anak kita apapun latar belakangnya mengalami pembelajaran berkualitas," ujar Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek, Anindito Aditomo, dalam webinar Suara Edukasi, Jumat, 21 Januari 2022.
Nino menambahkan, guru yang hebat mungkin akan tetap bisa mengajar dengan baik, apapun bentuk kurikulum. Namun di Kurikulum Prototype kata dia, seperti apapun gurunya, maka tugas memberikan pengajaran dibuat lebih mudah.

Baca: Tracing, 30 Pelajar SMP 85 Pondok Labu Jalani Tes PCR

"Guru yang hebat bisa mengajar dengan baik apapun kurikulumnya. Tapi bagaimana sebagian besar dan seluruh guru terdorong untuk mengajar dengan baik itu perlu kurikulum yang hebat, alatnya memudahkan guru untuk menciptakan pengalaman belajar yang baik untuk anak-anak," terang dia.

Salah satu pemicu yang membuat guru terdorong menjadi lebih baik lewat kurikulum prototipe ini adalah fleksibilitas. Pihaknya memberikan kepercayaan kepada guru mengembangkan pembelajaran.

"Memang kita memberikan kepercayaan kepada guru dan sekolah. Memang tidak akan langsung mampu begitu saja. Tapi dia akan beranjak menciptakan ekosistem pendidikan yang berdaya dan bermanfaat untuk anak-anak," tutup dia.

(AGA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id