Legislator: Kurikulum 2013 Cukup Disempurnakan, Bukan Dirombak

    Intan Yunelia - 29 November 2019 14:13 WIB
    Legislator:  Kurikulum 2013 Cukup Disempurnakan, Bukan Dirombak
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Galih Pradipta
    Jakarta:  Anggota Komisi X DPR, Hetifah Saifuddian menilai tak perlu ada perombakan total terhadap kurikulum 2013.  Kurikulum ini hanya perlu disempurnakan untuk menunjang kebutuhan peserta didik.

    "Sebenernya untuk kurikulum K-13 itu arahnya sudah baik. Karena tidak hanya memasukkan aspek kognitif dalam penilaian tapi juga keterampilan dan sikap," kata Hetifah saat dihubungi Medcom.id, Jumat, 29 November 2019.

    Menurut Hetifah, seberapa sering pun adanya perubahan kurikulum tak akan berdampak banyak apabila tidak ada pelaksanaan di lapangan. 

    "Permasalahannya adalah di implementasi, apakah guru dan birokrat di bawah sudah satu mindset dan benar-benar mengerti," ujar Hetifah.

    Satu hal penting, kurikulum harus memasukan aspek penanaman nilai-nilai Pancasila. Mendikbud harus punya terobosan inovasi dalam menyempurnakan kurikulum yang ada saat ini.

    "Satu catatan saya yang harus dimasukkan ke kurikulum adalah mengenai Pancasila. Untuk masalah simplifikasi, mungkin dari Mas Nadiem (Mendikbud, Nadiem Makarim) ada terobosan-terobosan, bukan merombak tapi mengedit sedikit saja agar lebih sederhana untuk diimplementasikan guru dan membuka ruang inovasi," terangnya.

    Sementara itu mengenai beban guru, Hetifah mengusulkan laporan dibuat sederhana secara online. Dan dibuat seringkas mungkin tanpa mengganggu kinerja utamanya sebagai seorang pendidik.

    "Solusi untuk beban administrasi guru ini adalah ubah Permendikbudnya (Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan). Sebenarnya evaluasi itu harus tetap ada, dan guru tetap harus melaporkan rencana belajarnya. Tapi formatnya dibikin simpel saja beberapa lembar cukup per semesternya, dan kalau perlu dilakukan secara online agar mudah baik bagi guru maupun asesor yang menilai," pungkasnya.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id