Legislator Menyayangkan, Program Nadiem Masih Sebatas Konsep

    Ilham Pratama Putra - 01 Juli 2020 08:08 WIB
    Legislator Menyayangkan, Program Nadiem Masih Sebatas Konsep
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Citra Larasati
    Jakarta:  Anggota Komisi X DPR, Zainuddin Maliki menyebut, belum melihat kemana arah dunia pendidikan di bawah kepemimpinan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim. Menurutnya, belum ada program-program Nadiem yang bisa diukur keberhasilannya, akibat belum terimplementasikan dengan baik.

    "Kami belum banyak tahu Nadiem ini secara filsofis, pendidikan mau dibawa kemana," kata Zainuddin dalam Diskusi Daring bertema "Mas Nadiem Bisa Apa?" Selasa malam, 30 Juni 2020.

    Zainuddin pun melabeli Nadiem sebagai sosok yang minim pengalaman khusus di bidang pendidikan. Namun di saat yang bersamaan, mantan bos Gojek ini justru mengemban tugas berat dari Presiden Joko Widodo.

    "Pesan Pak Jokowi agar mampu mendekatkan lulusan dengan industri, bisa diserap industri. Tapi kita belum melihat pendidikan seperti apa yang mau dibawa," lanjut dia.

    Baca juga:  FSGI: Penambahan Kuota Zonasi Kok Tetap Pakai Usia?

    Bagi Zainuddin, beberapa gebrakan Nadiem saat ini juga belum terimplementasi dengan baik. Program yang diusungnya masih sebatas tataran konsep.

    "Perubahan yang dibawa apa? Misalnya mau teknologi digital itu baru konsep, belum menyentuh operasional," imbuh Zainuddin.

    Begitu pula saat Nadiem menginginkan profil pelajar Indonesia. Saat ini profil pelajar yang disebutnya sebagai pelajar Pancasila juga masih belum jelas seperti apa bentuknya.

    "Lalu kemudian ada melahirkan pelajar pancasila. Yang disebutkan itu seperti apa, belum definitif dan menyeluruh untuk membentuknya. Padahal itu sangat penting," tutupnya.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id