Disdik DKI Lakukan Penyesuaian Proses Seleksi PPDB 2020

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 15 Mei 2020 09:06 WIB
    Disdik DKI Lakukan Penyesuaian Proses Seleksi PPDB 2020
    Ilustrasi PPDB. Foto: Medcom/Farhan Dwitama
    Jakarta: Dinas Pendidikan DKI Jakarta melakukan penyesuaian seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020 imbas ditiadakannya Ujian Nasional. Salah satunya, seleksi menggunakan nilai rapor dipadukan dengan akreditasi sekolah untuk jalur prestasi akademik.

    "Untuk alat cek prestasi akademik kami menggunakan nilai rapor yang disanding atau dikali dengan nilai akreditasi," kata Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana, Kamis, 14 Mei 2020.

    Kemudian, jalur afirmasi juga ada perubahan, yakni menggunakan usia. Berdasarkan evaluasi PPDB 2019, kata dia, jalur afirmasi ini belum dapat mengakomodasi peserta didik yang berkemampuan akademik rendah, dan dari keluarga prasejahtera.

    "Ini untuk memberi kesempatan kepada anak-anak yang berasal dari keluarga tdk mampu dengan kemampuan akademis yang rendah," ujarnya.

    Baca: Tangsel Hapus Syarat Nilai UN untuk PPDB 2020

    Nahdiana menuturkan, kondisi ini juga membuat perubahan proporsi PPDB zonasi menjadi 40 persen. Untuk jalur prestasi akademik menjadi 20 persen.

    "Ini ditarik ke 20 persen karena di sini untuk menghindari polarisasi kemampuan peserta didik. Di mana kami harus melakukan smoothing distribution untuk kemampuan siswa agar tidak ada kesenjangan," jelasnya.

    Sementara untuk SMK juga ada perubahan proporsi, dengan menambah porsi untuk afirmasi menjadi 35 persen. Ia menjelaskan tujuannya agar SMK bisa menjadi pilihan keluarga prasejahtera yang setelah lulus ingin langsung bekerja.

    "Maka kami berikan proporsi untuk jalur afirmasi menjadi 35 persen. Untuk prestasi 55 persen dengan seleksi nilai rapor dan akreditasi," terangnya.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id