Legislator Usulkan Bentuk Panja Bahas Nasib Sekolah Swasta

    Ilham Pratama Putra - 18 Juni 2020 19:46 WIB
    Legislator Usulkan Bentuk Panja Bahas Nasib Sekolah Swasta
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Anggota Komisi X DPR Andreas Hugo Pareira menekankan permasalahan yang dialami sekolah swasta di Indonesia perlu disikapi serius. Ia pun mengusulkan Komisi X DPR membentuk panitia kerja (Panja) khusus membahas permasalahan sekolah swasta.

    "Secara konkrit saya usul ini jadi perhatian serius. Kita harus membuat panja, berkaitan dengan keberadaan swasta ini," kata Andreas dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) di Komisi X DPR melalui konferensi video, Kamis, 18 Juni 2020.

    Menurut Andreas, Panja diperlukan agar DPR bisa menggali lebih detil permasalahan sekolah swasta. Panja juga bisa menghasilkan keputusan berupa rekomendasi untuk dijalankan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

    "Apa yang jadi usulan ini akan dibahas mendalam, serius dan tinjau lapangan untuk memberi rekomendasi akurat ke Kemendikbud," ucap legislator PDI Perjuangan itu.

    Andreas juga mendorong Kemendikbud membuat Direktorat Sekolah Swasta. Hal ini agar pendidikan swasta juga tak luput dari arah kebijakan di Kemendikbud. Menurutnya, pendidikan swasta saat ini kurang mendapat perhatian. 

    "Perlu direktorat khusus untuk mengurus swasta agar tidak menjadi ada rasa ketidakadilan dalam mengambil kebijakan pendidikan," ujarnya.

    Baca: Kurang Diperhatikan, Kemendikbud Diminta Buka Direktorat Sekolah Swasta

    Andreas menyebut DPR siap apabila harus mengkaji beberapa masukan dari pihak terkait. Bahkan riset lapangan pun harus dilakukan.

    Sebelumnya, Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) membeberkan sejumlah permasalahan sekolah swasta saat rapat dengan Komisi X DPR. Ketua BMPS, Saur Pandjaitan pun menyatakan pendidikan Swasta saat ini kehilangan arah, dan meminta Kemendikbud membentuk direktorat khusus sekolah swasta.

    "Kami merasa swasta ini imamnya tidak ada. Saat ada sejumlah regulasi dari pemerintah pusat maupun daerah, kami merasa kurang diperhatikan," kata Saur.

    (AGA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id