Nadiem Instruksikan Guru dan Dosen Bekerja dari Rumah

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 20 Maret 2020 17:41 WIB
    Nadiem Instruksikan Guru dan Dosen Bekerja dari Rumah
    Mendikbud, Nadiem Makarim. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan
    Jakarta:  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim kembali mengingatkan pendidik maupun tenaga kependidik di sekolah maupun perguruan tinggi di daerah terdampak Virus Korona agar benar-benar bekerja dari rumah.  Sebab hingga kini, Nadiem masih menerima laporan bahwa pendidik dan tenaga kependidikan masih ada yang berada di lingkungan sekolah dan kampus.

    Nadiem menegaskan, baik pendidik dan tenaga kependidikan tidak perlu datang ke sekolah maupun kampus.  Menurut Nadiem, proses pembelajaran ataupun penyelesaian urusan administrasi dapat tetap berjalan dengan memanfaatkan teknologi.

    "Guru dan dosen di wilayah terdampak covid-19 sebaiknya tidak pergi ke sekolah atau kampus sementara waktu ini. Saya mendengar masih banyak tenaga pengajar yang masih beraktivitas normal. Saya tekankan, aktivitas bekerja, mengajar atau memberi kuliah bisa tetap dilakukan dari rumah dengan memanfaatkan teknologi," ujar Nadiem dalam siaran pers yang diterima Medcom.id, Jakarta, Jumat 20 Maret 2020.

    Lebih lanjut Nadiem menyampaikan, perubahan sistem pembelajaran dan sistem kerja ini bagi beberapa pihak mungkin menakutkan.  Namun, ia mendorong semua pihak merespons situasi saat ini dengan arif. 

    Ini, kata Nadiem juga sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo untuk bekerja, belajar, dan beribadah di rumah.

    "Tidak harus selalu memakai peralatan yang canggih, tetapi bisa juga dilakukan dengan metode sederhana. Paling penting adalah komunikasi," jelasnya.

    Nadiem juga mengajak semua pihak bergotong royong menghadirkan solusi atas kendala-kendala yang mungkin timbul seiring perubahan pola di satuan pendidikan. Selain itu ia juga meminta Pemerintah Daerah dan Pimpinan Perguruan Tinggi memastikan bahwa bekerja dari rumah tidak memengaruhi ukuran penilaian kinerja maupun sistem insentif yang diterima pendidik maupun tenaga kependidikan.

    Hal sebagaimana disampaikan sebelumnya melalui Surat Edaran Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 tentang Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah untuk Mencegah Penyebaran Covid-19.  Tercatat pada Kamis, 19 Maret 2020 sudah ada 166 pemerintah daerah telah meniadakan aktivitas tatap muka di satuan pendidikan. Sementara untuk perguruan tinggi sebanyak 832 baik negeri maupun swasta.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id