• DONASI PALU/DONGGALA :
    Tanggal 12 NOV 2018 - RP 50.937.259.118

  • Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) A/n Yayasan Media Group

  • Salurkan Donasi Anda: (Mandiri - 117.0000.99.77.00) A/n Yayasan Media Group

  • Salurkan Donasi Anda: (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Enam Strategi Kemendikbud Kurangi Pengangguran SMK

Intan Yunelia - 08 November 2018 20:09 wib
Diskusi Forum Merdeka Barat (FMB) dengan tema ‘Pengurangan
Diskusi Forum Merdeka Barat (FMB) dengan tema ‘Pengurangan Pengangguran’ di Kantor Kementerian PPN, Medcom.id/Intan Yunelia.

Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menempuh enam strategi khusus untuk menekan jumlah pengangguran dari lulusan SMK.

Upaya pertama adalah dengan melakukan peningkatan kualitas belajar, sehingga siswa memperoleh keterampilan dasar, kemampuan berpikir kritis, nilai-nilai dan karakter siswa yang produktif terhadap dunia kerja.  Kedua, upaya percepatan melalui penargetan dan strategi kompensasi kepada anak-anak miskin untuk mengurangi ketimpangan akses ke pendidikan yang berkualitas di daerah secara sistematis

"Sehingga mewujudkan masyarakat yang sejahtera, adil, dan harmonis,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy di acara diskusi Forum Merdeka Barat (FMB) dengan tema Pengurangan Pengangguran di Kantor Kementerian PPN, Jakarta Pusat, Kamis 8 November 2018.

Baca: Persentase Pengangguran Terbuka Lulusan SMK Terus Turun

Sementara itu strategi ketiga, siswa harus memperkuat pelatihan vokasi dan life skill di semua tingkat.  Langkah ini dilakukan untuk mengembangkan angkatan kerja yang fleksibel dan terlatih.

Muhadjir optimistis, tenaga kerja yang terlatih dengan atribut personal, keterampilan dasar dan kompetensi TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dapat mencetak lulusan vokasi yang siap kerja.

“Lulusan seperti ini dapat mendukung pertumbuhan ekonomi dan pembangunan nasional,” kata Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini.

Baca: Mendikbud: Pengangguran Bukan Produk Revitalisasi SMK

Muhadjir menjelaskan, strategi keempat adalah dengan upaya pengembangan visi dan pola pikir guru dan tenaga pendidik. Agar tak berpatok kepada budaya kepatuhan, yang justru menghambat proses peningkatan kreatifitas dan kualitas Pendidikan.

Kelima, mewujudkan pemerintah yang terintegrasi dengan pemerintah daerah terkait. Agar tercapai peningkatan kualitas Pendidikan.

“Sedangkan strategi keenam adalah merintis kemitraan baru dengan penyelenggara pendidikan.  Baik perusahaan publik maupun swasta, untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui kinerja berbasis pembiayaan dan akuntabilitas yang lebih baik,” pungkasnya.


(CEU)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.