comscore

Riri Riza Ramaikan PKN Lewat 'Alam Takambang Jadi Guru: Serambi Minangkabau

Citra Larasati - 24 November 2021 15:21 WIB
Riri Riza Ramaikan PKN Lewat Alam Takambang Jadi Guru: Serambi Minangkabau
Sutradara Riri Riza. Foto: Medcom.id/Kumara
Jakarta:  Sutradara Riri Riza akan meramaikan rangkaian kegiatan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2021 yang digelar secara virtual melalui film berjudul Alam Takambang Jadi Guru: Serambi Minangkabau.  Riri memproduksi film bertemakan budaya tersebut yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. 

Riri Riza memproduksi film yang mengangkat kekayaan budaya di Kawasan Perkampungan Adat Nagari Saribu Rumah Gadang, Solok Selatan (Solsek).  Riri mengaku bangga dan berterima kasih karena telah dipercaya menggarap film tersebut.
Begitu juga karyanya ini disambut baik di Solok Selatan. Menurut Riri, Saribu Rumah Gadang memiliki potensi wisata budaya yang potensial.  "Ini harus kita kembangkan karena memiliki banyak keunikan dan ciri khas tersendiri," ujar Riri dalam keterangan tertulis Kemendikbudristek, Rabu, 24 November 2021.

Sementara itu Ketua TP-PKK yang juga Ketua Dekranasda Solok Selatan, Erniati Khairunas, mengatakan, masyarakat Solsel merasa bangga daerah mereka menjadi lokasi syuting film yang akan digarap Riri Riza.

"Terima kasih buat Mas Riri dan kru lainnya, serta pihak kementerian, yang telah memilih kawasan Saribu Rumah Gadang ini sebagai lokasi syuting film dalam rangka PKN ini," tegasnya. 

Baca juga:  Presiden: Indonesia Berpeluang Tumbuhkan Pengetahuan dari Kebudayaan

Erniati menyebut adanya produksi film ini, otomatis akan ikut membantu promosi Solok Selatan. Khususnya kawasan Saribu Rumah Gadang. Kawasan tersebut memang kawasan wisata budaya yang unik dan berbeda dengan perkampungan lainnya.

Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) tahun ini tidak hanya disuguhkan dengan penampilan musisi, group band, penyanyi, budayawan, aktor melainkan juga karya sutradara ternama. Mereka hadir dengan kreatif ide ceritanya untuk kegiatan PKN yang baru saja dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini.  

Salah satu program yang diusung di PKN adalah Ragam Budaya. Program ini merupakan variety show dan star jamming yang mengangkat potensi kearifan lokal dan kekayaan warisan budaya sandang, pangan, papan Nusantara seperti fashion show, dokumenter dari alam ke piring, arsitektur tradisional, dengan melibatkan komunitas lokal dan seniman Indonesia.

Sejumlah sutradara terkenal dengan reputasi dan prestasi yang telah diakui oleh masyarakat turut mengambil peranan dalam proses produksi Ragam budaya, seperti: Riri Riza (Alam Takambang Jadi Guru: Serambi Minangkabau); Hanung Bramantyo (Lingsir Wengi); Eugene Panji (Dulu x Hari Ini); Buyung Reza (Sumba Waingapu: Permata Dari Indonesia).

Selain itu ada Priagita Arianegara (Sandar di Semenanjung Para Daeng), Adrianto Sinaga (Nyanyian Danau), Robby Ertanto (Cinta Ditanam, Negeri Dijunjung), Ismail Basbeth (Banda Dari Dekat Sekali), Lasja Susatyo (Lost Story Nias: Kisah Pulau Batu Besar dan Napas Bumi: Kalimantan), hingga Jay Subyakto, Rama Soeprapto, Hartati dan Atilah Soeryadjaya yang berkolaborasi dalam produksi pembukaan PKN 2021, Napas Jiwa, dan juga penutupan PKN 2021, Semesta di Halaman Belakang.

Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid bahwa PKN tahun ini mengambil tema " Cerlang Nusantara, Pandu Masa Depan". " Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat kembali mengenali jati diri dan khazanah budaya bangsa sebagai suatu aset," tegas Hilmar. 

Untuk menuju ke sana, kata Hilmar, pada tahun ini program-program pada PKN 2021 disusun dengan berdasarkan pada Sandang, Pangan, dan Papan, sebagai hal fundamental dalam kehidupan masyarakat. "Sehingga kita hadirkan para sutradara untuk memproduksi tayangan Ragam Budaya yang mengambil tempat di sejumlah lokasi yang sudah dikenal oleh masyarakat," kata Hilmar. 

Lanjut Hilmar lokasi destinasi yang memiliki khazanah budaya tersebut adalah Solok Selatan, Sulawesi Selatan, Nias Selatan, Kalimantan Timur, Borobudur, Banda Neira, Danau Toba, Sumba Timur, Muarajambi, Tana Toraja, dan Labuan Bajo.

"Melalui tayangan berupa kekayaan budaya yang dirangkum menjadi tayangan variety show dan juga star jamming yang bertutur dan bercerita tersebut, diharapkan menjadi tayangan alternatif yang dapat menggugah dan menumbuhkan minat masyarakat untuk mengenal dan mencintai kearifan-kearifan lokal yang berada di sekitar mereka masing-masing," paparnya. 

Program Ragam Budaya dapat disaksikan oleh masyarakat setiap harinya, mulai dari 19 hingga 26 November 2021 melalui berbagai platform yang telah disediakan, yakni kanal budaya Indonesiana TV di Indihome saluran 200 (SD) dan 916 (HD), laman PKN.id, dan juga kanal YouTube Budaya Saya, yang dimulai pukul 20.30 WIB hingga selesai. 

Selain itu untuk kegiatan penutupan, 26 November 2021 dapat diakses langsung melalui TVRI. Melalui berbagai program PKN diharapkan dapat menggugah masyarakat untuk menemukan kembali kekayaan sandang, sangan, dan papan yang bersumber dari kearifan lokal untuk menjawab tantangan kehidupan di masa mendatang.

Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2021 resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo, Jumat, 19 November 2021 lalu, dan akan berlangsung hingga 26 November 2021. Sejumlah musisi papan atas seperti Slank, Titi DJ, Reza Artamevia, Diskoria, Shine of Black, Godbless, Viky Sianipar, dan Voice of Baceprot terlibat di dalam kegiatan ini.

(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id