comscore

Jurusan Paling Diburu, Ini Persiapan Kuliah di Prodi Data Science

Citra Larasati - 11 November 2021 14:13 WIB
Jurusan Paling Diburu, Ini Persiapan Kuliah di Prodi Data Science
Ilustrasi/Medcom.id
Jakarta:  Dunia teknologi terus berkembang pesat saat ini, kecanggihannya digunakan hampir di setiap lini kehidupan masyarakat. Seiring dengan perkembangannya, dunia kerja saat ini banyak yang membutuhkan orang-orang yang ahli di bidang teknologi dan data.

Ada banyak jenis profesi yang membutuhkan keahlian teknologi, karenanya tidak heran jika jurusan yang berhubungan dengan teknologi amat digemari calon mahasiswa.  Di antaranya adalah data Science yang merupakan salah satu profesi paling diburu dan menjadi incaran perusahaan.
Mengutip laman Pinteria.com, keahlian bidang ini bisa didapat dengan mengikuti kuliah jurusan Data Science yang ada di berbagai perguruan tinggi.  Prodi ini biasanya masuk kategori jurusan teknik informatika, sistem informasi, atau ilmu komputer.

Sebelum memutuskan untuk kuliah, simak beberapa uraian mengenai Data Science berikut ini:

Pengertian Data Science

Data science merupakan disiplin ilmu yang mempelajari khusus masalah data, utamanya jenis data kuantitatif baik secara terstruktur maupun tidak terstruktur.  Bidang ilmu ini membahas berbagai subjek hampir meliputi semua proses data, mulai dari pengumpulan, analisis, pengolahan, manajemen, kearsipan, pengelompokan, penyajian, distribusi, sampai cara mengubah data menjadi sebuah informasi yang tentunya dapat dipahami semua orang. 

Disiplin ilmu yang satu ini merupakan kombinasi dari ilmu science dan sosial, berbagai ilmu penunjangnya sendiri terdiri dari matematika, ilmu komputer, manajemen, statistika, sistem informasi, ilmu informasi, dan masuk di dalamnya ilmu komunikasi serta kepustakaan. 

Selain berbagai ilmu tersebut, sebenarnya ilmu ekonomi khususnya ilmu bisnis juga memiliki peranan yang sangat penting dalam Data Science.

Bidang ilmu yang relevan dengan Data Science

Kuliah Manajemen dengan konsentrasi Data Science merupakan jurusan yang tergabung dari berbagai bidang ilmu, berikut ini ada beberapa bidang ilmu terkait jurusan ini:

Dasar Ilmu Matematika, teori bilangan, persamaan linear dan kuadrat, fungsi dan relasi, kalkulus, statistika dan probabilitas, pertidaksamaan linear dan kuadrat, teori kategori, analisis prediktif dan analisis kompleks, dan riset operasi.

Kemudian juga dasar Ilmu Komputer, Matematika diskrit, algoritma dan struktur data, teori graf (teori grup dan ring), komputabilitas dan teori informasi.  Lalu Dasar Ilmu Ekonomi; Ilmu keuangan yang termasuk di dalamnya akuntansi, pemecahan masalah, administrasi bisnis, dan manajemen.  Begitu juga berbagai disiplin ilmu lainnya seperti Ilmu informasi dan perpustakaan, serta Ilmu komunikasi.

Skill yang harus dimiliki calon mahasiswa data science

Bagi yang sebelumnya mengambil kuliah Manajemen dan ingin melanjutkan pendidikan di bidang data science, tentu jurusan satu ini masih sangat relevan dengan Data Science. Ada beberapa skills yang wajib dimiliki. 

Pemrograman

Skill ini sangat membantu ketika menjadi seorang data science, pasalnya bidang ini berisi perihal memasukan berbagai data tertentu ke dalam komputer.  Keahlian dalam bidang pemrograman tentu akan sangat dibutuhkan untuk melakukan kegiatan ini, dengan begitu pekerjaan bisa diselesaikan dengan sempurna. Untuk menjadi seorang data science, setidaknya orang tersebut harus menguasai minimal satu bahasa pemrograman (seperti Python atau lainnya).

Statistika

Agar memiliki keahlian dalam bidang data science, kemampuan statistika dasar juga sangat penting untuk dimiliki. Kemampuan statistika akan sangat berguna dalam menentukan algoritma untuk diaplikasikan, selain itu statistika juga dibutuhkan dalam hal pengembangan software machine learning.

Komunikasi dan visualisasi data

Data Science juga memerlukan keahlian dalam bidang komunikasi serta visualisasi data, khususnya bagi yang ingin terjun ke perusahaan dengan jenis manajemen data-driven. Kemampuan atau skill yang satu ini sangat erat kaitannya dengan tahap final data, yakni ketika data ingin ditampilkan kepada jajaran direksi maupun pihak lainnya.

Dengan visualisasi yang baik, menjelaskan data kepada pihak lain akan sangat terbantu. Pemilihan bentuk chart yang tepat dan sesuai data yang disajikan serta menggunakan istilah yang mudah dipahami khalayak umum, hal tersebut merupakan kemampuan dasar dalam pengolahan final sebuah data.

Jurusan yang relevan dengan Data Science

Di universitas sendiri sebenarnya kuliah jurusan Data Science ini tidak ada atau tidak ditampilkan sebagai jurusan khusus, namun pembelajaran mengenai data science sendiri biasanya dimasukan kategori jurusan teknologi.  Jurusan teknologi sendiri terbilang cukup beragam, namun yang paling terkenal untuk bisa memiliki keahlian ini ada tiga, yakni jurusan Teknik Informatika, Ilmu Komputer, dan Sistem Informasi. 

Berbagai materi yang diberikan pada tiga jenis jurusan tersebut tentu sangat relevan dengan kemampuan atau skill yang dibutuhkan untuk memiliki kemampuan data science.

Meski begitu, berkat kepopuleran profesinya saat ini ada cukup banyak universitas yang menawarkan program yang mengkhususkan diri di bidang data science.

Materi kuliah jurusan Data Science

Sebenarnya tidak ada materi khusus untuk jurusan satu ini, karena di Indonesia sendiri hanya ada beberapa universitas yang mengkonsentrasikan diri pada bidang data science.   Meski begitu berikut ini ada beberapa bidang ilmu yang memudahkan kamu dalam mempelajari data science, diantaranya pengetahuan dalam bidang komputer dan elektronik, Ekonomi, Matematika (khususnya statistik), Manajemen dan Pelatihan.

(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id