2.311 Peserta Daftar Tes Gelombang III UMM

    Daviq Umar Al Faruq - 16 Agustus 2019 17:34 WIB
    2.311 Peserta Daftar Tes Gelombang III UMM
    Peserta seleksi masuk UMM gelombang III sedang menjalani tes UTBK. Foto/Dok. UMM.
    Malang: Sebanyak 2.311 calon mahasiswa mendaftar seleksi masuk di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) gelombang III. Ribuan peserta itu kini tengah menjalani tes masuk Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

    Kepala Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UMM, Saiman mengatakan, ada 14 laboratorium yang disiapkan sebagai lokasi tes kali ini. Salah satunya, laboratorium di Kampus 2 UMM di Jalan Bendungan Sutami, Kota Malang.

    "Berbeda dari sebelumnya, seleksi masuk yang biasanya menggunakan media kertas (ujian tulis), pada gelombang III ini UMM menggunakan format Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)," katanya, Jumat, 16 Agustus 2019.

    Tes masuk gelombang III ini dibagi ke dalam dua tahap. Tahap pertama digelar mulai 14-18 Agustus 2019, sedangkan tahap kedua dilaksanakan pada 19-23 Agustus 2019.

    Saiman menjelaskan, calon mahasiswa baru (camaba) diberi keleluasaan untuk memilih tahap dan sesi tes yang sesuai dengan dirinya. “Kami sediakan jadwal juga di hari Ahad (minggu) untuk mengantisipasi Camaba yang berasal dari luar kota,” bebernya.

    Sementara itu, format UTBK dipilih berdasarkan beberapa alasan. Di antaranya menyesuaikan perkembangan kebijakan tes tingkat nasional (SBMPTN) yang sudah menggunakan tes berbasis komputer.

    "Karena sejak Ujian Nasional di SMA dan SMK sudah tes berbasis komputer. Camaba sekarang kan juga generasi milenial, jadi lebih akrab dengan IT. Sehingga memberikan kemudahan untuk menjawab," terangnya.

    Baca:  Pendaftaran Prodi Profesi Fisioterapi UMM Resmi Dibuka

    Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) ini menambahkan camaba dapat mengikuti UTBK yang diadakan tiga kali dalam sehari. Yakni pada pukul 08.00-10.00 WIB, 12.00-14.00 WIB dan 15.00-17.00 WIB. Diadakannya sesi ini sendiri untuk membiasakan camaba mandiri dalam memilih jadwal. 

    "Penerimaan mahasiswa baru tahun depan akan seluruhnya menggunakan UTBK," imbuhnya.

    Untuk mencegah berbagai kendala teknis, UMM juga telah menyiapkan 40 laptop cadangan untuk tes UTBK. “Kami siapkan yang terbaik bagi para camaba UMM,” pungkasnya.

    FISIP menjadi fakultas favorit bagi para pendaftar seleksi masuk gelombang III, disusul Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan posisi ketiga adalah Fakultas Psikologi. Sedangkan, jurusan favorit yakni Ilmu Komunikasi dan Hubungan Internasional.




    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id