comscore

Konsultan Hingga Pegawai Bank, Ini 7 Prospek Kerja Jurusan Agribisnis

Medcom - 24 Mei 2022 19:18 WIB
Konsultan Hingga Pegawai Bank, Ini 7 Prospek Kerja Jurusan Agribisnis
Ilustrasi wawancara kerja. Pexel
Jakarta: Agribisnis merupakan jurusan kuliah yang identik dengan ilmu pertanian. Meski begitu, bukan berarti lulusan jurusan ini hanya bisa bekerja menjadi petani saja.

Prospek kerja Agribisnis sejatinya sangat luas. Hal ini tak mengherankan, sebab ilmu yang dipelajari selama perkuliahan juga terbilang cukup beragam.
Lebih tepatnya mencakup dua bidang ilmu, yaitu pertanian dan ekonomi. Jurusan ini setidaknya bakal mempelajari cara mengolah hasil pertanian, manajemen usaha, hingga pemasaran produk.

Berbekal ilmu yang demikian, lulusan Agribisnis berkesempatan meniti karier di berbagai bidang pekerjaan. Dikutip dari Gokampus, berikut tujuh prospek kerja jurusan Agribisnis:

1. Entrepreneur

Lulusan Agribisnis tentunya memiliki bekal ilmu terkait bisnis. Ilmu tersebut bisa diaplikasikan di kehidupan nyata selepas lulus kuliah, salah satunya dengan membangun usaha.

Usaha yang dirintis bisa berupa lahan pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan, dan sebagainya. Bisnis tersebut juga bisa bergerak di bidang pangan, minuman, hingga bisnis peralatan yang dibutuhkan dalam pertanian.

Dengan menjadi entrepreneur, Sobat Medcom bisa membantu masyarakat menyediakan bahan pangan yang berkualitas. Selain itu, juga membantu menyediakan lahan pekerjaan yang lebih luas.

2. Ahli bioteknologi

Jurusan Agribisnis juga bakal mempelajari hal-hal terkait biologi. Jika Sobat Medcom tertarik dengan bidang ilmu ini, maka ahli bioteknologi bisa menjadi pilihan karier yang tepat.

Ahli teknologi adalah seseorang yang memiliki keahlian untuk memanfaatkan bakteri, virus, fungi, dan lainnya guna memproduksi barang atau jasa. Pemanfaatan itu bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

3. Konsultan pertanian

Jurusan Agribisnis sudah pasti bakal mempelajari segala hal terkait pertanian. Ilmu tersebut bisa menjadi bekal yang cukup bila Sobat Medcom ingin menjadi konsultan pertanian.

Konsultan pertanian bertanggung jawab memberikan pengarahaan, pembinaan, dan penyuluhan dalam bidang pertanian. Profesi ini bertugas membantu petani agar dapat meningkatkan kualitas produknya.

Salah satu caranya, yakni dengan memberikan edukasi terkait pengembangan teknologi. Melalui pengapikasian teknologi dalam pertanian, keuntungan petani akan meningkat.

4. Peneliti

Jika Sobat Medcom senang mengembangkan berbagai teknologi pangan atau sejenisnya, maka bisa menjadi peneliti. Profesi ini bertugas mengembangkan atau menciptakan bibit-bibit tanaman atau meneliti tanah yang berpotensi bagus untuk bercocok tanam.

Tak perlu bingung harus kerja di mana. Sebab, terdapat banyak instansi pemerintah ataupun non-pemerintah yang bisa dipilih, antara lain Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dan Kementerian Pertanian.

5. Dosen atau akademisi

Seorang dosen tentunya bertugas mengenalkan dan mengajarkan berbagai ilmu agribisnis kepada mahasiswa. Untuk menekuni profesi yang satu ini, Sobat Medcom mesti melajutkan pendidikan ke jenjang S2 terlebih dahulu.

Selain itu, juga harus mampu berpikir kritis, menganalisis masalah, meneliti, dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

6. Sales atau marketing pertanian

Marketing agribisnis bertugas memasarkan produk dari sebuah perusahaan, khususnya yang memiliki fokus di bidang pertanian atau pengolahan makanan. Tak perlu bingung memikirkan kerja di mana, sebab saat ini terdapat banyak perusahaan yang bergerak di bidang tersebut.

7. Pegawai bank

Lulusan Agribisnis juga bisa menjadi pegawai bank. Profesi ini nyatanya masih linear dengan ilmu yang dipelajari di bangku perkuliahan, yaitu ekonomi.

Lulusan Agribisnis dinilai lebih memahami soal pertanian, sehingga profesi ini utamanya bertugas membantu dan mengoordinasikan petani-petani yang ingin mengajukan kredit untuk modal bercocok tanam.

Itulah tujuh prospek karier lulusan Agribisnis selain menjadi petani. Terbukti, jurusan ini juga memiliki masa depan yang tak kalah menjanjikan dibandingkan dengan jurusan lain. (Nurisma Rahmatika)

Baca: Gambaran Kuliah di Jurusan Hubungan Internasional, Benarkah Harus Mahir Bahasa Inggris?



(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id