Dana BOS 2021 Naik, Daerah 3T Dapat Jatah Lebih

    Ilham Pratama Putra - 23 September 2020 19:29 WIB
    Dana BOS 2021 Naik, Daerah 3T Dapat Jatah Lebih
    Ilustrasi. Foto: MI/Gino Hadi
    Jakarta:  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim mengatakan bahwa Dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) reguler di 2021 di setiap sekolah akan diperbesar. Khususnya di daerah terluar, tertinggal, dan terdepan (3T) Indonesia akan mendapat alokasi dana BOS yang lebih besar.

    "Kabar gembiranya adalah tidak akan ada sekolah tahun depan yang BOS-nya turun, banyak sekali sekolah kecil dan tertinggal akan meningkat BOS-nya tahun depan," kata Nadiem dalam Rapat Kerja dengan Komisi X DPR, Rabu, 23 September 2020.

    Secara total, dana BOS reguler tersebut akan naik sekitar Rp2,5 triliun. Peningkatan itu berasal dari dana BOS Afirmasi dan BOS Kinerja yang direalokasi.

    "Untuk membantu sekolah-sekolah di daerah-daerah paling tertinggal dan terluar yang rata-rata jumlah muridnya jauh lebih kecil," imbuhnya.

    Rincian biaya satuan yang akan direalokasi dilihat dari jumlah per siswa satu sekolah. Untuk SD adalah mulai Rp900 ribu sampai Rp1,96 juta per siswa.

    Baca juga:  Nadiem Ubah Metode Perhitungan Dana BOS
     
    Selanjutnya untuk jenjang SMP dari Rp1,1 juta sampai Rp2,48 juta. Kemudian di SMA dari Rp1,5 juta hingga Rp3,47 juta.

    Sedangkan untuk SMK, dari Rp1,6 juta sampai Rp3,72 juta. Dan Sekolah Luar Biasa (SLB) dari Rp3,5 juta hingga Rp7,94 juta.

    "Di SD itu jumlah kabupaten/kota yang naik nanti Dana BOS di 2021 ada 377 kabupaten (dari 137) akan naik BOS-nya, SMP 381 kabupaten (dari 133), SMA 386 kabupaten (dari 128), SMK 387 (dari 127) dan SLB 390 kabupaten (dari 124)," terang Nadiem.

    Kata dia, hal ini dilakukan karena banyak sekolah di kabupaten yang tidak terlihat penghitungan BOS afirmatif dan kinerjanya. Langkah ini menjadi perhatian dan koreksi dari Kemendikbud.

    "Kami berhasil dan berterima kasih atas dukungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dalam perjuangan ini, bahwa tidak bisa semua sekolah dengan kondisinya masing-masing disamakan, sekolah yang lebih membutuhkan bantuan kita akan menerima uang lebih. Ini suatu kabar gembira bagi sekolah di 3T dan sekolah yang jumlah muridnya kecil," pungkasnya

    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id