Pemerintah Kembangkan 2 Jenis Alat Rapid Test

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 06 April 2020 21:20 WIB
    Pemerintah Kembangkan 2 Jenis Alat <i>Rapid Test</i>
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Pemerintah mengembangkan dua jenis perangkat rapid test (tes cepat) virus korona (covid-19). Pengembangan alat dua jenis tes cepat ini dilakukan Konsorsium Inovasi dan Riset Covid-19. 

    Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (Menristek/BRIN) Bambang Brodjonegoro menjelaskan perangkat tes cepat pertama yakni Rapid Diagnosis Test (RDT) Immunoglobulin G dan M (IgG IgM). IgG IgM merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh.

    Ia menjelaskan, hasil rapid test berbasis antigen ini bisa diketahui dalam waktu 10 sampai 15 menit. Bambang pengujian rapid test menggunakan alat ini tidak bisa sekali, terlebih bila hasil tes pertama negatif.

    "Kalau yang pertama kali diidentifikasi negatif, harus ada pemeriksaan selanjutnya. Kalau positif, bisa langsung ditangani," kata Bambang dalam konferensi video di Jakarta, Senin, 6 April 2020.

    Baca: BPPT Segera Produksi Massal Ventilator Portabel

    Perangkat ini sudah dikembangkan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Bambang meyakini alat ini bisa diproduksi hingga 100 ribu unit dalam waktu satu sampai dua bulan.

    "Sambil Gugus Tugas mendatangkan rapid test dari luar negeri. Tapi, tim BPPT sudah bisa memproduksi 100 ribu rapid test," ujarnya.

    Perangkat rapid test berikutnya yakni bersifat Polymerase Chain Reaction (PCR). Perangkat ini diyakini lebih baik dari RDT, dan juga bisa segera diproduksi “PCR, progresnya sudah sangat bagus. Tes kit PCR diperkirakan sudah selesai," ujarnya. 

    Bambang mengatakan PCR sudah mendapat dukungan dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes). "Ada isolated RNA yang akan dipakai untuk mengembangkan tes kit tersebut. Dalam waktu tidak lama sudah bisa dipakai," terang Bambang.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id