Nadiem Targetkan 10 Ribu Sekolah Penggerak dalam Lima Tahun

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 02 Juli 2020 15:08 WIB
    Nadiem Targetkan 10 Ribu Sekolah Penggerak dalam Lima Tahun
    Mendikbud, Nadiem Makarim. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan
    Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim menargetkan lahir 10 ribu Sekolah Penggerak. Nantinya Sekolah Penggerak ini menjadi pusat pelatihan untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

    “Target kami lima tahun ke depan menciptakan 10 ribu sekolah penggerak, ke depannya terus membesar,” terang Nadiem dalam Rapat Kerja bersama Komisi X DPR, Kamis, 2 Juli 2020.

    Nadiem menjelaskan, sekolah-sekolah penggerak ini merupakan sekolah yang berisikan kepala sekolah sebagai pimpinan pedagogi. Plus guru-guru penggerak.

    Baca juga:  Nadiem Siapkan Aplikasi Layanan Pendidikan Terpadu

    Nantinya sekolah-sekolah penggerak tersebut hadir di setiap kelurahan.  “Di masing-masing desa, kelurahan ada sekolah penggerak dengan kepala sekolah yang baik dan menjadi pimpinan pedagogi, bukan administratif semata dengan guru-guru yang sudah bisa mengajar sesuai tingkat kemampuan muridnya,” jelasnya.

    Bahkan guru-gurunya juga sudah terbiasa dan nyaman menggunakan teknologi untuk pembelajaran, juga aktif mengembangkan kurikulum.  Dengan memiliki kapasitas yang unggul, nantinya guru-guru akan datang ke sekolah tersebut untuk mengikuti pelatihan secara riil.

    Guru-guru tersebut juga memberikan pembelajaran hasil pelatihan secara langsung kepada murid-murid.  “Guru-guru lain akan datang untuk menerima pelatihan dan melihat bagaimana mengimplementasikan praktik-praktik pedagogi terbaik, cahaya kecil mendorong sekolah di sekitar mereka menjadi lebih baik,” kata Nadiem.


    (CEU)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id