comscore

Pemerintah Targetkan Angka Buta Aksara di Bawah 1% di 2024

Ilham Pratama Putra - 08 September 2021 14:29 WIB
Pemerintah Targetkan Angka Buta Aksara di Bawah 1% di 2024
Ilustrasi. Foto: Dok. Kemendikbudristek
Jakarta: Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menargetkan jumlah penduduk buta aksara di Indonesia harus kurang dari satu persen pada tahun 2024.

Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah (PAUD Dikdasmen) Kemendikbudristek Jumeri, mengatakan pemerintah akan berupaya untuk mewujudukan target tersebut.

 



“Pada tahun 2024 target kita kurang dari satu persen, dan menjadi kurang dari setengah persen pada tahun 2030 jadi kira-kira 9 tahun lagi,” kata Jumeri dalam peringatan Hari Aksara Internasional, Rabu 8 September 2021.

Menurut Jumeri target tersebut sangat mungkin untuk dicapai. Hal itu berkaca pada penurunan jumlah kasus buta aksara pada dua tahun terakhir.

Jumeri menyebutkan, tahun 2019 jumlah penduduk buta aksara usia 15 sampai 59 tahun di Indonesia berada pada angka 1,78 persen. “Kemudian tahun berikutnya, 2020, sudah turun menjadi 1,71 persen,” ucapnya.

Jumeri, menyebut pihaknya juga telah mengembangkan kurikulum sekolah yang menekankan pada aspek penguasaan kompetensi literasi. Dia percaya langkah tersebut dapat menurunkan angka buta aksara di Indonesia.

“Jadi kurikulum kita dengan penguatan literasi numerasi dan karakter,” ujarnya.

Baca juga: Puncak Peringatan Hari Aksara Internasional Digelar 8 September

Menurutnya, peningkatan kualitas pendidikan dan penguatan literasi masyarakat tidak akan berhasil dengan baik tanpa adanya kerja keras dari berbagai pihak. Dia berharap kerja sama dan kolaborasi satuan pendidikan dengan berbagai pihak terus berjalan serta dikembangkan secara terprogram dan berkesinambungan.

“Peningkatan kualitas pendidikan dan penguatan literasi masyarakat menjadi semakin penting dan mendesak di era pandemi covid-19,” imbuh dia.

Hai Sobat Medcom, terima kasih sudah menjadikan Medcom.id sebagai referensi terbaikmu. Kami ingin lebih mengenali kebutuhanmu. Bantu kami mengisi angket ini yuk https://tinyurl.com/MedcomSurvey2021 dan dapatkan saldo Go-Pay/Ovo @Rp 50 ribu untuk 20 pemberi masukan paling berkesan.

(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id