SNMPTN/SBMPTN 2021 Resmi Dibuka

    Ilham Pratama Putra - 04 Januari 2021 12:25 WIB
    SNMPTN/SBMPTN 2021 Resmi Dibuka
    Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud Nizam. Tangkapan layar.
    Jakarta: Dirjen Perguruan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nizam membuka secara resmi proses Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer Sementara-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2021. Sistem penerimaan mahasiswa baru 2021 itu resmi diluncurkan.

    "Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, maka SNMPTN dan SBMPTN tahun 2021, kita menyatakan dimulai saat ini," kata Nizam dalam Peluncuran SNMPTN dan UTBK-SBMPTN Tahun 2021, Senin 4 Januari 2021.

    Dia mengatakan, sistem SNMPTN dan UTBK-SBMPTN pada tahun 2021 sudah lebih siap dibandingkan tahun lalu. Termasuk, terkait penyesuaian regulasi akibat pandemi covid-19.

    "Kita sudah lebih tahu situasi pandemi ini akan berlangsung cukup lama, sehingga kita bisa beradaptasi sejak lebih awal," sambung Nizam.

    Baca: STAN Gunakan Nilai UTBK untuk Seleksi Mahasiswa Baru

    Pada hari peluncuran ini, sekolah sudah dapat membuat akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Waktu registrasi dimulai hari ini hingga 1 Februari 2021 pukul 15:00 WIB.

    Siswa juga diminta melakukan registrasi akun LTMPT. Registrasi baik sekolah maupun siswa dapat dilakukan pada laman portal.ltmpt.ac.id.

    Kemudian, mulai pada hari ini juga sekolah diminta melakukan penetapan siswa yang eligible. Penetapan itu dilakukan hingga 8 Februari 2021 pukul 15:00 WIB.

    Syarat bagi sekolah dalam mendaftarkan siswanya yang eligible berdasarkan ketentuan akreditasi. Dimana sekolah dengan akreditasi A dapat mendaftarkan 40 persen siswa kelas 12 terbaiknya, sekolah akreditasi B dapat mendaftarkan 25 persen siswa terbaiknya, dan sekolah akreditasi C dapat mendaftarkan 5 persen siswa terbaiknya.

    Kemudian Sekolah dapat melakukan pengisian siswa yang eligible tersebut ke Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Pengisian PDSS sendiri baru dibuka pada 11 Januari 2021 hingga 8 Februari 2021.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id