Kasus Covid-19 Melonjak, Madrasah di Pamekasan Setop PTM

    Antara - 05 Januari 2021 21:06 WIB
    Kasus Covid-19 Melonjak, Madrasah di Pamekasan Setop PTM
    Ilustrasi. Foto: MI/Galih Pradipta.
    Pamekasan: Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pamekasan, Jawa Timur, menghentikan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas di berbagai madrasah. Keputusan diambil lantaran semakin banyaknya warga yang terpapar covid-19 di wilayah itu.

    "Penutupan KBM (kegiatan belajar mengajar) tatap muka terbatas ini, juga berdasarkan instruksi dari pusat," kata Kepala Kemenag Pamekasan Afandi di Pamekasan, Selasa, 5 Januari 2021.

    Usai disetop, pembelajaran di madrasah dilakukan secara daring. Namun, PTM masih sulit dihentikan di madrasah yang dikelola pondok pesantren. "Kalau pesantren kan relatif dikenal bebas dari covid-19, kalau di Pamekasan ini," ucap Afandi.

    Namun, Afandi menekankan, madrasah di bawah naungan pondok pesantren yang tetap menerapkan belajar tatap muka terbatas, harus mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan ketentuan pemerintah.

    Baca: Tebing Tinggi Pilih Tunda Pembelajaran Tatap Muka

    Misalnya, para siswa harus menggunakan masker, menjaga jarak, dan sering mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir.

    Kemenag Pamekasan, kata Afandi, telah membentuk 37 posko pantau terkait penegakan disiplin protokol kesehatan di sejumlah madrasah yang ada di bawah naungan pondok pesantren. Tugasnya, memantau pelaksanaan KBM bagi pesantren yang menyelenggarakan KBM terbatas, dan melaporkan perkembangan terkini.

    "Pola pengawasannya pada orang tua santri yang hendak datang ke pesantren, semisal untuk mengirim putra-putrinya yang ada di pondok," ujarnya.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id