comscore

Mengenal Prodi S1 Kimia UII: Prospek Kerja Hingga Beasiswa

Renatha Swasty - 06 Mei 2022 12:43 WIB
Mengenal Prodi S1 Kimia UII: Prospek Kerja Hingga Beasiswa
Fakultas MIPA UII. DOK UII
Jakarta: Universitas Islam Indonesia (UII) memiliki berbagai program studi (prodi) unggulan. Salah satunya Prodi S1 Kimia.

Prodi ini menawarkan berbagai peluang menjanjikan bagi mahasiswa. Termasuk, prospek kerja yang cerah di masa depan.

Sobat Medcom yang tertarik dengan prodi ini, yuk simak sejumlah hal mulai dari prospek kerja hingga beasiswa yang ditawarkan dikutip dari webite UII.

Dosen di Prodi S1 Kimia Dwiarso Rubiyanto menuturkan Prodi S1 Kimia berbeda dengan S1 Pendidikan Kimia, S1 Teknik Kimia, dan D3 Analisis Kimia. Adapun lama studi prodi sarjana normal yaitu 4 tahun, sementara itu, D3 berlangsung 3 tahun.

Dwiarso mengungkapkan prospek kerja masing-masing di prodi. Lulusan S1 Kimia memiliki prospek kerja, seperti Research and Development serta Quality Control terhadap konsep ilmu kimia dan aplikasinya. Sedangkan, S1 Pendidikan Kimia memiliki prospek kerja, seperti guru dan pengembangan ilmu pengetahuan.

Adapun S1 Teknik Kimia memiliki prospek kerja di bidang Engineer Kimia dan Fisika untuk desain industri. Sementara itu, D3 Analisis Kimia memiliki prospek kerja pada Analisis Laboratorium dengan konsep kimia analitik dan praktikum.

Program Studi Kimia UII berdiri sejak 20 Juni 1996 dan sudah terakreditasi unggul SK BAN-PT Nomor 3400/SK/BAN-PT/Akred-Itnl/S/VI/2020. Pada 2018, Prodi S1 Kimia juga terakreditasi internasional oleh Royal Society of Chemistry (RSC), Inggris.

Sekretaris Prodi Kimia Program Sarjana UII, Argo Khoirul Anas, menjelaskan berbagai tawaran beasiswa. UII memiliki beragam beasiswa internal, mulai beasiswa Atlet dan juara seni, beasiswa Dhuafa, beasiswa Hafiz Al-Qur’an, beasiswa Santri Unggulan UII, dan beasiswa Unggulan.

Argo menjelaskan beasiswa Atlet dan juara seni ialah kategori beasiswa yang ditujukan bagi siswa yang memiliki keunggulan berupa capaian prestasi cabang olahraga atau seni sesuai. Kemudia, beasiswa Dhuafa ditujukan bagi siswa berprestasi dengan kemampuan akademik tinggi dan membutuhkan bantuan biaya pendidikan.

Lalu, beasiswa Hafiz Al-Quran ditujukan untuk mahasiswa baru UII atau lulusan pondok pesantren yang memiliki kemampuan menghafal minimal 15 juz Al-Qur'an. Beasiswa Santri Unggulan UII adalah upaya implementasi atas misi dan tujuan UII yakni memberikan bekal kepada kader-kader pemimpin umat di masa yang akan datang. Terakhir, beasiswa Unggulan ditujukan untuk mahasiswa baru UII yang memiliki prestasi baik akademik maupun non akademik.

Baca: Mengupas UIII, Kampus Masa Depan Bagi Penelitian Peradaban Islam

 (REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id