comscore

SBMPTN 2022, Prodi Ilmu Komunikasi Catat Persaingan Terketat di Unpad

Citra Larasati - 26 Juni 2022 10:36 WIB
SBMPTN 2022, Prodi Ilmu Komunikasi Catat Persaingan Terketat di Unpad
Kampus Unpad. Foto: Unpad/Humas
Jakarta:  Universitas Padjadjaran (Unpad) menjaring sebanyak 2.688 orang calon mahasiswa pada pengumuman Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Jumlah ini melebihi kuota sebanyak 2.672 orang.

Kepala Kantor Komunikasi Publik Universitas Padjadjaran, Dandi Supriadi mengatakan, jumlah mahasiswa yang diterima melebihi kuota yang ditetapkan.  Hal ini untuk mengantisipasi calon mahasiswa yang tidak melakukan registrasi kembali.
Peminat tertinggi pada penerimaan jalur kedua ini, setelah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) adalah program studi ilmu hukum sebanyak 3.677 calon mahasiswa.

Pada kelompok ujian sosial humaniora (soshum), peminat terbanyak kedua adalah program studi ilmu komunikasi sebanyak 2.908 orang.  Peminat terbanyak lainnya adalah program studi Manajemen 2.774 orang, Ilmu Hubungan Internasional 1.772, dan Bisnis Digital 1.742 orang.

Pada kelompok ujian Sains dan Teknologi (Saintek), pendaftar terbanyak adalah program studi Pendidikan Dokter sebanyak 3.544 pendaftar, Psikologi 3.309 pendaftar, Teknik Informatika 2.906 pendaftar, Farmasi 2.544 pendaftar, dan Ilmu Keperawatan 2.101 pendaftar.

Menurut Dandi, dari sisi keketatan persaingan, program studi Ilmu Komunikasi menjadi yang tertinggi di Universitas Padjadjaran. Satu kursinya diperebutkan 97 orang pendaftar.

Teknik Informatika satu kursi diperebutkan 71 orang pendaftar, Bisnis Digital satu kursi diperebutkan 62 orang, Manajemen satu kursu diperebutkan 55 orang, Pendidikan Dokter satu kursi diperebutkan 45 orang. Sedangkan Psikologi saru kursi diperebutkan 39 orang, Ilmu Hubungan Internasional serta Administrasi Publik satu kursi diperebutkan 37 orang, dan Pendidikan Dokter Gigi serta Farmasi satu kursi diperebutkan oleh 27 orang pendaftar.

Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Dadang Rahmat Hidayat mengatakan, keketatan tertinggi ini patut disyukuri. Artinya Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran dengan program studi-nya, terutama ilmu komunikasi memperoleh mahasiswa yang unggul dan berkualitas.

“Namun menjadi tantangan untuk terus menjaga dan meningkatkan proses pembelajaran yang berkualitas, inovatif dan transformatif terutama menghadapi perubahan lingkungan sosial yang dinamis,” kata Dadang yang juga Ketua Umum Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Pusat.

Pengumuman SBMPTN diikuti kewajiban melaksanakan registrasi dan mengunggah dokumen secara daring bagi mereka yang lolos 25-30 Juni 2022 pukul 17.00 WIB. Unpad akan melakukan verifikasi data dan dokumen yang diunggah seluruh calon mahasiswa mulai 28 Juni sampai 11 Juli 2022.

Calon mahasiswa dapat mengetahui jumlah tagihan uang kuliah di laman https://students.unpad.ac.id/peserta/ dan harus melakukan pembayaran uang kuliah melalui bank yang ditunjuk mulai tanggal 4 sampai dengan 11 Juli 2022. Setelah pembayaran diterima, Unpad akan menerbitkan Surat Tanda Bukti Resmi Menjadi Mahasiswa dan KTM digital ke masing-masing mahasiswa baru paling lambat 12 Juli 2022. 

Baca juga:  Gagal SBMPTN? Jangan Khawatir SMUP Sarjana Unpad Masih Buka Hingga 27 Juni
 

(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id