comscore

Sambut Era TV Digital, UNS Teken Kerja Sama dengan Metro TV

Citra Larasati - 17 Desember 2021 23:56 WIB
Sambut Era TV Digital, UNS Teken Kerja Sama dengan Metro TV
UNS teken kerja sama dengan Metro TV. Foto: UNS
Jakarta:  Indonesia sudah mulai memasuki era televisi digital di 2022. Perubahan dari televisi analog menjadi televisi digital harus disikapi dengan tepat agar dapat menentukan strategi yang tepat dalam memproduksi informasi melalui komunikasi.

Melihat hal tersebut, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjalin kerja sama dengan PT. Media Televisi Indonesia (Metro TV).  Kerja sama antara Metro TV dan UNS dalam rangka menyinergikan tiga bidang yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

 



Selain itu, kerja sama ini juga mencakup pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diinstruksikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbduristek).

Wakil Rektor Perencanaan, Kerja Sama, Bisnis, dan Informasi UNS, Sajidan mewakili Rektor UNS hadir langsung dalam penandatanganan kerja sama ini.  Sajidan mengatakan, bahwa kerja sama ini merupakan salah satu cara untuk menyelaraskan dunia akademik dengan dunia usaha dan dunia industri.

“Terima kasih kepada teman-teman Metro TV atas kerja sama ini dalam sinergi bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat serta pelaksanaan MBKM dan juga magang dosen Ilmu Komunikasi," kata Sajidan, dalam keterangan tertulis yang dikutip Jumat, 17 November 2021.

Baca juga:  UNS Tambah 4 Guru Besar Baru

Dalam era digitalisasi ini, menurut Sajidan, seluruh pihak harus meningkatkan diri. Dalam hal ini, program MBKM mendekatkan kampus dengan dunia usaha dan dunia industri sehingga diharapkan dapat membekali mahasiswa dan dosen untuk mengakselerasi pembelajaran 4.0.

Selain menaungi mahasiswa yang akan magang industri selama 20 SKS, Metro TV juga diharapkan dapat memfasilitasi para dosen untuk magang. Magang dosen ini dibutuhkan untuk meningkatkan kecakapan dosen serta memperbarui ilmu yang berkembang di lapangan.

Direktur Program dan Pengembangan PT. Media Televisi Indonesia, Agus Mulyadi yang menghadiri kerja sama ini mengungkapkan bahwa pihaknya ingin mempererat relasi dengan UNS yang sebelumnya sempat terjalin. Relasi ini juga diharapkan sebagai saran pertukaran informasi tentang ilmu komunikasi antara UNS dan Metro TV.

Menyongsong Era TV Digital, UNS Teken Kerja Sama dengan Metro TV.  “Kami sudah sejak lama menjalin kerja sama dengan UNS dan kami berharap kerja sama yang kita sepakati tahun ini dapat berkontribusi dan saling bersinergi. Metro TV sadar betul bahwa di era media saat ini kami tidak bisa berdiri sendiri, tidak bisa hanya duduk diam dengan sumber daya yang dimiliki. Kami harus bersinergi dan berkolaborasi mengajak banyak pihak untuk saling bahu membahu,” ucap Agus.

Selain kerja sama dalam pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi dan MBKM, kerja sama ini juga terjalin dalam bidang penyiaran, sosialisasi, dan publikasi baik digital maupun nondigital. Kerja sama tersebut rencananya akan berlangsung selama tiga tahun dengan program studi Ilmu Komunikasi sebagai sasaran kolaborasi. 

(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id