UPJ Peroleh Dana Hibah Kemendikbudristek

    Antara - 15 Juni 2021 20:40 WIB
    UPJ Peroleh Dana Hibah Kemendikbudristek
    Gedung UPJ Tangsel. Foto: Dok Antara



    Tangerang: Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) Kota Tangerang Selatan meraih hibah kelembagaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Total dana hibah yang diperoleh lebih dari Rp1 miliar untuk beberapa program studi.

    Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UPJ, Agustinus Agus Setiawan mengatakan program hibah tersebut diraih dari kompetisi yang diikuti 4.670 perguruan tinggi, baik swasta maupun negeri.

     



    Adapun program hibah yang diperoleh yakni Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) untuk Program Studi Arsitektur dan Manajemen, Bantuan Dana Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) Kemdikbudristek untuk Program Studi Informatika. Kemudian, hibah bantuan dana inovasi pembelajaran dan teknologi Bantu (teknologi asistif) untuk mahasiswa berkebutuhan khusus yang diterima Prodi Desain Produk.

    "Raihan hibah PKKM ini tidak diperoleh melalui proses mudah karena UPJ mengikuti dan lolos seluruh tahapan seleksi yang terdiri dari evaluasi administratif, evaluasi kualitas dan kelayakan proposal serta verifikasi kelayakan (visitasi daring)," kata Agustinus, Selasa, 15 Juni 2021. 

    Dari 4.582 perguruan tinggi yang terdata pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, kata dia, UPJ berhasil menjadi 1 dari 142 pemenang hibah. Pemenang liga terdiri dari 31 Perguruan Tinggi pada liga 1, 46 PT pada liga 2 dan 65 PT pada liga 3.

    Baca: UPJ Buka Prodi IUP, Ada Kesempatan Magang di Startup Luar Negeri

    Kaprodi Informatika UPJ Safitri Jaya menuturkan dorongan untuk terus berinovasi dalam pembelajaran menjadi dasar bagi Prodi Informatika untuk turut serta dalam berbagai kesempatan memperoleh bantuan dana. Salah satunya, adalah bantuan penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ).

    "Ini bertujuan untuk memberikan layanan pelaksanaan kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dalam skema pembelajaran jarak jauh, serta bertujuan untuk meningkatkan mutu Pendidikan dan kompetensi mahasiswa di perguruan tinggi yang ditandai dengan meningkatnya mutu penyelenggaraan pendidikan akademik melalui PJJ," beber Safitri.

    Kaprodi Desain Produk Fitorio Bowo menambahkan pihaknya adalah program studi yang banyak memenangkan penghargaan untuk kompetisi desain internasional. Pada 2021 ini, Desain Produk UPJ kembali memenangkan Hibah Bantuan Dana Inovasi Pembelajaran dan Teknologi Bantu (teknologi asistif) untuk Mahasiswa Berkebutuhan Khusus.

    Sebelumnya pada 2020 desain Produk UPJ juga telah memenangkan hibah yang sama dan telah menghasilkan produk yang telah dipatenkan. "Jadi Hibah ini merupakan lanjutan tahun kedua yang diperoleh oleh program studi desain produk," kata Fitorio.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id