Nadiem: Hardiknas 2021 Momentum Menghidupkan Lagi Pemikiran Ki Hajar Dewantara

    Arga sumantri - 02 Mei 2021 10:28 WIB
    Nadiem: Hardiknas 2021 Momentum Menghidupkan Lagi Pemikiran Ki Hajar Dewantara
    Mendikbudristek Nadiem Makarim di upacara peringatan Hardiknas 2021. Tangkapan layar.



    Jakarta: Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem mengajak seluruh pihak untuk menghidupkan kembali pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara. Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2021 dinilai bisa jadi momentum mewujudkan cita-cita Bapak Pendidikan Indonesia itu.

    "Terlalu lama pemikiran Ki Hajar Dewantara tidak kita manfaatkan sepenuhnya," kata Nadiem dalam pidatonya di peringatan Hardiknas 2021, Minggu, 2 Mei 2021. 






    Nadiem mengatakan, hari ini merupakan kedua kalinya peringatan Hardiknas 2021 berlangsung di tengah pandemi covid-19. Nadiem mengakui masa-masa ini tidaklah mudah bagi para pendidik, pelajar, orang tua, serta semua pihak yang menjalani aktivitas di tengah wabah yang masih melanda dunia.

    "Pada hari Iahir Bapak Pendidikan Indonesia Ki Hajar Dewantara, sekaligus hari penting bagi pendidikan nasional ini, marilah kita kesampingkan sejenak segala kesulitan. Hari ini kita bangkitkan semangat untuk menyongsong lembaran baru pendidikan Indonesia," ujar Nadiem.

    Baca: Kenakan Baju Adat Suku Rote, Nadiem Pimpin Upacara Hardiknas 2021

    Nadiem menekankan, pendidikan di Negara Kesatuan Republik Indonesia haruslah menuju arah lahirnya kebahagiaan batin dan keselamatan hidup. Esensi mendasar pendidikan haruslah memerdekakan kehidupan manusia.

    "Mulai hari ini, pemikiran Bapak Pendidikan Indonesia tersebut haruslah kita jiwai dan kita hidupkan kembali agar lekas tercipta pendidikan yang berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia, serta terwujudnya kemerdekaan belajar yang sejati," ungkapnya.

    Hardiknas 2021, kata dia, merupakan sebuah momen tepat bagi seluruh pihak untuk merefleksikan kembali apa saja yang sudah dikerjakan dengan baik dan apa saja yang perlu diperbaiki. Lembaran baru pendidikan Indonesia berarti transformasi. 

    "Transformasi yang tetap bersandar pada sejarah bangsa, dan juga keberanian menciptakan sejarah baru yang gemilang," ujar Nadiem.

    Upacara peringatan Hardiknas 2021 digelar secara daring dan luring. Pada kegiatan luring, upacara menerapkan protokol kesehatan ketat. Uniknya, Nadiem dan seluruh peserta upacara Hardiknas mengenakan pakaian adat dari beragam darah di Nusantara. Nadiem mengenakan pakaian adat suku Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT).

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id