ITB Bebaskan Biaya Kuliah Mahasiswa yang Perpanjang Masa Studi

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 03 April 2020 18:52 WIB
    ITB Bebaskan Biaya Kuliah Mahasiswa yang Perpanjang Masa Studi
    Kampus ITB. Dokumentasi ITB
    Jakarta: Institut Teknologi Bandung (ITB) membebaskan biaya kuliah bagi mahasiswa tingkat akhir yang memperpanjang masa studi.  Kebijakan berlaku khusus bagi mahasiswa yang mengalami hambatan dalam pengerjaan dan penyelesaian tugas akhir/tesis/disertasi sebagai akibat dari pembatasan aktivitas di tengah wabah virus korona (covid-19).

    "Maka bagi mahasiswa tersebut diberikan kebijakan untuk dapat memperoleh pembebasan BPP (Biaya Penyelenggaraan Pendidikan),” terang Direktur Pendidikan ITB Arief Hariyanto dalam surat edaran yang diterima Medcom.id, Jakarta, Jumat, 3 April 2020.

    Baca juga:  Kemendikbud: Pembebasan Skripsi Otoritas Kampus

    Syarat yang bisa mendapat pembebasan biaya kuliah yakni mahasiswa yang mengambil nol Satuan Kredit Semester (SKS), atau hanya mengambil tugas akhir, tesis, maupun disertasi. Kemudian, mahasiswa menyampaikan permohonan secara tertulis dan menyertakan kronologi, serta rekomendasi tertulis dari dosen pembimbing dan ketua program studi.

    Selain itu, mahasiswa juga harus sudah menyelesaikan BPP Semester 1 tahun ajaran 2019/2020 dan sebelumnya. "Pembebasan BPP hanya diberikan untuk satu semester perpanjangan masa studi," jelasnya.

    Baca: Dilema Skripsi di Tengah Korona, Antara Idealisme dan Realita

    ITB telah mengeluarkan kebijakan untuk memberi perpanjangan waktu bagi mahasiswa Sarjana dan Pascasarjana. Perpanjangan ini diberikan kepada mahasiswa yang pada semester ini tengah mengerjakan tugas akhir dan berada di akhir masa studi (terancam DO) namun mengalami hambatan karena pandemi virus korona.

    Dalam Surat Edaran No. 244/IT1.B04.2/PP/2020, mahasiswa diberi perpanjangan masa studi antara tiga hingga enam bulan. Mahasiswa cukup menyampaikan surat pernyataan dan sudah mendapatkan rekomendasi dari dosen pembimbing dan ketua program studi.

    Baca juga:  ITB Perpanjang Masa Studi Mahasiswa yang Terancam DO

    Perpanjangan masa studi ini tidak mempengaruhi status kelulusan. Mahasiswa yang mendapatkan perpanjangan masa studi hingga maksimum satu semester tidak diperhitungkan dalam penentuan capaian kriteria kelulusan, baik itu masa studi maupun predikat kelulusan.

    "Dosen Pembimbing melalui Program Studi dan Fakultas/Sekolah memberikan pernyataan dan rekomendasi tertulis bahwa penambahan masa studi mahasiswa diakibatkan oleh permasalahan terkait covid-19," jelas Arief.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id