Gerakan Seniman Masuk Sekolah 2020 Digelar Luring dan Daring

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 02 September 2020 15:36 WIB
    Gerakan Seniman Masuk Sekolah 2020 Digelar Luring dan Daring
    Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid. Foto: Zoom.
    Jakarta: Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) kembali digelar. Tahun ini, proses pembelajaran dilaksanakan dengan berbeda, yakni perpaduan pola luar jaringan (luring) atau secara fisik, dan daring atau melalui video pembelajaran yang sudah disiapkan para seniman.

    Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Hilmar Farid menyampaikan, GSMS bertujuan untuk mempertemukan siswa dan seniman. Dengan begitu, siswa bisa langsung mendapatkan pengalaman langsung dari sang pelaku seni.

    "Tentang bagaimana berkreasi, dari mulai merumuskan ide sampai dengan mengkreasikannya menjadi suatu yang konkret," terang Hilmar dalam taklimat media secara daring dalam rangka peluncuran GSMS 2020, Rabu, 2 September 2020.

    Baca: Pembaruan Pendidikan Agama Islam Mendesak Dilakukan

    Ia menyebut kegiatan GSMS sudah masuk tahun keempat. Ajang ini bukan untuk menjadikan semua siswa menjadi seniman, melainkan kesenian menjadi metode pendidikan karakter, dan metode mengekspresikan diri bagis siswa dengan cara-cara artistik.

    "Jadi maknaya jauh lebih luas daripada sekadar mengajar tentang kesenian, dengan harapan teman siswa menjadi seniman," ujarnya.

    Sementara itu, Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Ditjen Kebudayaan Kemendikbud, Restu Gunawan, menjelaskan, daerah yang ikut serta dalam GSMS tahun ini berkurang. Sebab, banyak daerah yang anggarannya mengalami refocusing untuk penanganan virus korona (covid-19).
     

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id