LTMPT Jamin Tak Ada Kebocoran Soal UTBK-SBMPTN

    Ilham Pratama Putra - 25 Juni 2020 10:38 WIB
    LTMPT Jamin Tak Ada Kebocoran Soal UTBK-SBMPTN
    Ilustrasi. Foto: Antara
    Jakarta: Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menjamin tidak ada kebocoran soal Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2020. Meski dibagi dua gelombang, soal dipastikan akan berbeda.

    "Kami sangat mudah menjamin soalnya tidak bocor, juga tidak sama," ungkap Ketua Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Mohammad Nasih dalam konferensi video, Rabu, 24 Juni 2020.

    Baca juga:  UTBK-SBMPTN Dua Gelombang, Ini Jadwal Lengkapnya

    Nasih juga menyebut, soal telah diracik dengan banyak kombinasi.  Pihaknya bahkan mengaku sudah menyiapkan ribuan soal untuk UTBK-SBMPTN.

    "Kami punya bank soal, ada banyak kombinasi, banyak hal kami lakukan dengan soal. Soal kita ribuan, sehingga menghadapi peserta tidak ada masalah (kebocoran) itu," tambah dia.

    Meski begitu, pihaknya akan tetap melakukan pengawasan kepada peserta. Agar peserta tidak membuat kehebohan dengan menyebarkan soal ujiannya.

    Baca juga:  Seleksi Jalur Mandiri UGM Pakai Nilai UTBK dan Rapor

    "Kami sampaikan tidak boleh membawa kamera atau hp kemudian memotret atau menyalin soal. Pengawas akan melihat itu, dan dipastikan soal (beredar) begitu tidak akan keluar lagi pada sesi berikutnya," ungkapnya.

    Nasih menjamin para pengawas ujian akan ketat dalam mengawasi UTBK-SBMPTN. Sebab berbagai peraturan sudah disusun secara rigid.

    "Peserta tidak akan sempat mencatat dan menulis soal, memotret dan lain-lain. Dari waktu ideal ini juga peserta hanya akan fokus mengerjakan soal bukan malah menyalinnya," tutup dia.




    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id