Kampus Tak Dipaksa Jadi Pusat UTBK Jika Belum Siap

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 24 Juni 2020 18:28 WIB
    Kampus Tak Dipaksa Jadi Pusat UTBK Jika Belum Siap
    Plt. Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Nizam. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama
    Jakarta:  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyampaikan pihaknya tidak akan memaksakan perguruan tinggi yang belum siap menjadi pusat UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer).  Menyusul baru 60 persen kampus yang dinyatakan siap, karena sudah mendapatkan izin dari Gugus Tugas daerah dan telah memenuhi protokol kesehatan.

    “Kami tidak akan memaksakan. Oleh karena itu panitia menyiapkan dua gelombang,” kata Plt. Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Nizam kepada Medcom.id, Rabu, 24 Juni 2020.

    Lebih lanjut Nizam memandang, bahwa menyelenggarakan UTBK-SBMPTN dua gelombang  merupakan pilihan yang tepat. Sehingga semua peserta bisa terakomodasi untuk mengikuti tes.

    “Dengan gelombang kedua untuk daerah yang tidak mengizinkan calon dari daerah lain masuk ke wilayahnya, serta untuk peserta yang tidak bisa meninggalkan daerah asalnya,” terangnya.

    Baca juga:  Baru 60% Kampus Siap Gelar UTBK-SBMPTN

    Selain itu, langkah ini juga sejalan dengan fokus utama penyelenggaran UTBK-SBMPTN di tengah pandemi virus korona ini, yakni kesehatan dan keselamatan.  “UTBK concern utama kita adalah kesehatan dan keselamatan peserta, keluarga, penyelenggara dan masyarakat harus diutamakan,” tegasnya.

    Sebelumnya, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengumumkan ada 60 persen kampus yang menjadi pusat UTBK menyatakan siap menggelar UTBK-SBMPTN. "60 persen pusat UTBK itu menyatakan siap untuk kemudian melaksanakan UTBK dengan mengikuti protokol covid yang ada. Setidaknya ada 43 kampus dari 74 pusat UTBK," kata Ketua Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Mohammad Nasih, Rabu, 24 Juni 2020.

    Kesiapan 43 kampus yang menjadi pusat UTBK artinya telah mendapat izin dari gugus tugas penanganan covid-19 di daerahnya masing-masing. Selain itu, sudah dipastikan pula fasilitas pendukung UTBK di kampus tersebut lengkap.

    "Terpenuhi, ada thermogun (alat cek suhu tubuh), disinfektan dan lain-lain," lanjut dia.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id