Pandemi Covid-19, Momentum UGM Menuju Kampus Virtual

    Ilham Pratama Putra - 19 Mei 2020 19:47 WIB
    Pandemi Covid-19, Momentum UGM Menuju Kampus Virtual
    UGM Talks.
    Jakarta:  Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM), Panut Mulyono mengaku pihaknya telah mempersiapkan kuliah daring sejak 2018.  Pandemi bahkan menjadi momentum bagi UGM untuk mencapai cita-citanya, menjadi kampus virtual.

    Bahkan jauh sebelum pandemi covid-19, nyaris separuh dari jumlah mata kuliah di UGM sudah dilaksanakan secara daring.

    "Pada tahun 2018 semua mata kuliah di UGM sampai 40 persen itu boleh atau bisa secara daring," kata Panut dalam UGM Talks, Selasa 19 Mei 2020.

    Baca juga:  Penjelasan Pakar UGM Soal Kualitas Telur Ayam Fertil

    Evalusi pembelajaran daring terus dilakukan, sebab UGM melihat metode ini bakal menjadi skema pendidikan yang banyak digunakan di masa mendatang.  Bahkan Panut menilai, bagi UGM pembelajaran daring ini telah menjadi bagian dari visi dan cita-cita kampus.

    "Pembelajaran daring bagi UGM ini momentum luar biasa. Kami bisa mencapai cita-cita besar UGM yang ingin menjadi virtual kampus," tegasnya.

    Karena itulah, pihaknya mengaku lebih siap dalam menerapkan metode daring saat pendemi sekarang ini.  Panut juga mengatakan, UGM telah sejak lama berlangganan aplikasi penunjang pembelajaran tanpa tatap muka itu.

    "Meskipun penggunaannya memang belum maksimal. Namun dari survei kita, banyak mahasiswa merasa efektif dan dosen juga semakin siap dengan metode ini," jelas dia.

    Lebih lanjut, pihak sivitas terus melakukan koordinasi dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UGM.  Koordinasi ini guna mengevaluasi proses pembelajaran daring.

    "Mendiskusikan seperti outcome-nya akankah lebih baik dari konsep klasik seperti di kelas atau tidak.  Lalu juga memikirkan konten yang bisa membuat pembelajaran daring yang lebih baik," ujar Panut.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id