Sambil Menangis, Siswa Curhat Soal PPDB ke Komisi X

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 30 Juni 2020 18:17 WIB
    Sambil Menangis, Siswa Curhat Soal PPDB ke Komisi X
    Perwakilan orang tua calon peserta didik bertemu dengan Komisi X membahas soal PPDB DKI Jakarta. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan
    Jakarta:  Salah satu calon peserta didik menyampaikan keluh kesahnya kepada anggota Komisi X DPR saat pertemuan dengan orang tua siswa, Selasa, 30 Juni 2020.  Ia menyampaikan curahan hatinya (curhat) saat tidak diterima PPDB DKI Jakarta jalur zonasi SMA karena faktor usia.

    Ia menyebut usianya sekarang 14 tahun dan gara-gara itu ia gagal diterima. Padahal tempat tinggalnya dekat dengan lokasi sekolah yang dituju.

    Sambil menangis ia mengeluhkan, bahwa kriteria usia merugikan dirinya dan anak-anak yang lain.  "Saya mau sistem ini diulang. Ini tidak adil bagi saya. Mungkin kami cuma anak-anak tapi kami punya hak. Aku mau sekolah," curhatnya kepada anggota Komisi X, Selasa, 30 Juni 2020.

    Baca juga:  Disdik DKI Buka Jalur Zonasi Tingkat RW

    Yang lebih membuatnya kesal adalah, ia sudah belajar keras untuk mendapatkan nilai bagus agar bisa menembus sekolah yang dituju namun sia-sia. Apalagi lanjutnya, orang tuanya sudah mengeluarkan banyak biaya untuk membayar bimbingan belajar.  

    "Karena buat apa Kami belajar tiga tahun, lalu melanjutkan sekolah itu pakai umur? Kami les, orang tua susah payah bayar sekarang masuk sekolah pakai umur," ungkapnya.

    Hari ini Komisi X DPR bertemu dengan perwakilan orang tua terkait kisruh PPDB DKI Jakarta jalur Zonasi yang menggunakan kriteria usia. Para orang tua ini menuntut agar PPDB jalur zonasi dibatalkan.

    "Kami memohon hari ini Mas Menteri harus mengumumkan batal. Kami memohon, Komisi X sudah mengatakan batal," tegas Ketua Komnas Perlindungan Anak Aries Merdeka Sirait dari Komnas Pendidikan Aries dalam pertemuan bersama Komisi X DPR RI, 

    Permintaan ini pun direspons Komisi X, yang ikut merekomendasikan agar Kemendikbud membatalkan PPDB jalur zonasi, karena tidak sesuai dengan Permendikbud nomor 44 tahun 2019 tentang PPDB.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id