10 Buku Berisi Karya Tulis Bung Hatta Diterbitkan

    Intan Yunelia - 13 November 2018 13:56 WIB
    10 Buku Berisi Karya Tulis Bung Hatta Diterbitkan
    ‘Peluncuran Karya Lengkap Bung Hatta’, di Gedung A Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Medcom.id/Intan Yunelia.
    Jakarta:  Sebanyak 800 hasil karya tulis salah satu Proklamator Republik Indonesia, Mohammad Hatta dituangkan ke dalam 10 buku yang diterbitkan oleh penerbit Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES). Pengumpulan karya-karya Bung Hatta akan terus dilakukan, untuk merekonstruksi gagasan pemikiran pendiri bangsa tersebut. 

    Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy sangat mengapresiasi peluncuran karya lengkap dari Wakil Presiden pertama Republik Indonesia ini. Mulai dari  proses pengumpulan, penyusunan, editing dan penerbitan kumpulan naskah buku sudah berjalan sejak 1995.

    “Ini adalah usaha kita untuk merekonstruksi gagasan pemikiran bapak bangsa. Karena beliau adalah salah satu proklamator dari dua proklamator yang ada,” kata Muhadjir di acara ‘Peluncuran Karya Lengkap Bung Hatta’, di Gedung A Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Selasa 13 November 2018.

    Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini menyebutkan, hasil pemikiran Bung Hatta masih belum terkumpul secara lengkap.   “Kalau buku-buku dari Bung Karno (Soekarno) sudah banyak yang terbit, untuk Bung Hatta ini belum tersusun dengan baik,” jelas Muhadjir.

    Nantinya pihak Kemendikbud akan berupaya untuk meneruskan langkah pengumpulan karya Bung Hatta ini. Mulai dari yang ada di dalam hingga luar negeri.

    “Nanti saya berharap ada upaya juga untuk mengumpulkan karya-karya syarah (bahasa arab) atau penjelasan yang bersumber dari pemikiran Mohammad Hatta,” terang Muhadjir.

    Kendati demikian, karya tulis disertasi dan tesis yang berhubungan dengan kedua proklamator Bung Karno dan Bung Hatta akan dihimpun. Sehingga nantinya bisa menjadi bagian dari materi pendidikan untuk anak indoneesia.

    “Sehingga nanti kita akan bikin semacam seri yang lebih luas. Agar tradisi ilmiah maupun pemikiran para pendiri dan perintis atau bapak bangsa ini akan tersambungkan dan terwariskan kepada generasi Indonesia di masa akan datang,” terang Muhadjir.

    Dalam peluncuran buku ini dihadiri oleh Putri Bung Hatta, Meutia Hatta, Rektor Universitas Bung Hatta, Ketua Yayasan Proklamator Bung Hatta, Pimpinan Perpustakaan Nasional, Ketua Asosiasi Perpustakaan Indonesia dan lebih dari 250 undangan dari kalangan Pemerintah, BUMN, Perguruan Tinggi, LSM, Pustakawan, Guru SMU, Pelaku Usaha, dan lainnya.

    Lihat Video: 






    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE
    MORE

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id