comscore

Penulis Muda Ditantang Menulis soal Perubahan Iklim

Medcom - 13 Mei 2022 07:30 WIB
Penulis Muda Ditantang Menulis soal Perubahan Iklim
Ilustrasi/Pexels
Jakarta: Perkumpulan Penulis Indonesia Alinea mengadakan audisi bagi penulis muda berusia 8-16 tahun. Mereka ditantang menulis tentang perubahan iklim dan isu lingkungan hidup. 

Penulis muda yang terpilih akan berkesempatan  mengikuti lokakarya menulis daring. Mereka akan dibimbing penulis-penulis profesional di genre sastra anak.
Para peserta akan mendapatkan materi pembelajaran dari para pakar perubahan iklim dan isu lingkungan hidup yang diharapkan akan mampu menambah wawasan dan kepedulian. Karya-karya peserta nantinya diterbitkan ke dalam buku bertema “Ceritaku. Bumiku Kelak“

Program audisi diluncurkan pada diskusi kelompok Alinea bersama dengan para pegiat isu lingkungan dan penulis buku anak, tepat pada Hari Bumi, 22 April 2022. Momen ini dipandang tepat untuk curah pikir tentang bagaimana meningkatkan kesadaran atas isu perubahan iklim.

"Kami para penulis di Alinea ingin menyambut tantangan zaman yang makin krusial ini dengan membuat buku perubahan iklim. Dari hasil diskusi, muncul ide bagaimana kalau anak-anak yang menjadi penceritanya dengan orang dewasa yang menemani. Pasti banyak perspektif yang segar yang datang dari para penulis muda," ujar Ketua Alinea yang juga aktivis lingkungan, Mardiyah Chamim, melalui keterangan tertulis, Kamis, 12 Mei 2022.

Ide mengajak anak sebagai agen perubahan sosial untuk isu perubahan iklim dengan menuliskan cerita mereka, ditanggapi positif penulis senior genre sastra anak, Murti Bunanta. "Mungkin anak 8 tahun belum bisa menulis dengan terstruktur, tapi mereka punya pikiran dan perasaan. Menulis itu kan berekspresi. Orang dewasa tidak perlu ikut campur, tapi bisa membantu dengan memperjelas apa maksud mereka." 

"Anak-anak itu bisa diajak menulis apa saja. Biarkan mereka menuangkan isi benak mereka dengan bebas, tidak perlu sedikit-sedikit dikoreksi," kata Murti.
Penulis Muda Ditantang Menulis soal Perubahan Iklim
Para penulis muda yang berminat mengikuti audisi dapat mengirimkan maksimal dua naskah berbentuk prosa maupun puisi dengan sejumlah tema. Tema yang bisa dipilih, yakni perubahan elemen alam, sampah dan pengelolaannya, pemborosan, penggundulan hutan, jejak karbon, awan, praktik baik kearifan lokal, energi terbarukan, dan bahan bakar fosil. Panjang naskah  300 hingga 1.000 kata

Peserta dari luar Jawa dan Bali akan mendapatkan prioritas untuk mencapai keberagaman dari berbagai daerah di Indonesia. Tenggat pengiriman naskah adalah 22 Mei 2022.

Semua naskah yang masuk akan dikurasi tim Aline. Jika terpilih akan masuk ke dalam tahap wawancara. Lokakarya akan dilaksanakan sekitar akhir Juni hingga awal Juli 2022.

Informasi lebih lanjut bisa diperoleh di tautan  bit.ly/daftarBumikuKelak dan akun instagram @bumikukelak.

(UWA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id