comscore

Pelajar Harus Jadi Prioritas dalam Pengembangan SDM

Ilham Pratama Putra - 28 Januari 2022 15:52 WIB
Pelajar Harus Jadi Prioritas dalam Pengembangan SDM
Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Iwan Syahril dalam Media Gorup News Summit. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra.
Jakarta: Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Iwan Syahril menyatakan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) harus berfokus pada murid. Bahkan, pengembangan kualitas pelajar mesti menjadi prioritas.

"Kita harus hyper fokus terhadap murid yang mendidik tujuan kita bersama dalam proses pendidikan," sebut Iwan dalam Media Group News Summit, Jumat, 28 Januari 2022.
Menurutnya, orang dewasa maupun teknologi yang ada pada saat ini hanyalah sebagai peranta dalam memajukan murid. Terobosan yang berorientasi pada murid itulah yang pihaknya hadirkan dalam Merdeka Belajar.

"Kita mencoba menghadirkan trobosan tidak biasa, dan bisa menjawab tantangan zaman yang kita kawal lewat Merdeka Belajar, membentuk manusia yang merdeka dan mandiri," kata Iwan.

Baca: Unesco: Merdeka Belajar Jadi Wadah Pelestarian Budaya

Iwan menuturkan jika kebijakan Merdeka Belajar itu telah menjadi bagian dari investasi di bidang Sumber Daya Manusia. Kebijakan ini diharapkan mampu mewujudkan visi Indonesia emas di tahun 2045.

Pada kebijakan Merdeka Belajar, ia mengatakan para murid ditingkatkan kemampuannya lewat sistem Asesmen Nasional. Program AN akan melihat dan mengevaluasi kemampuan literasi dan numerasi pada peserta didik.

"Jadi kita bisa fokus bukan terhadap konten tapi bisa kita menghadirkan pembelajaran yang fundamental dan holistik, membuat pelajar kita ini menjadi pondasi SDM berkualitas ke depan," ungkap Iwan.

(AGA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id