Subsidi Kuota Tak Bisa Dipakai Buka Facebook, Instagram, dan TikTok

    Ilham Pratama Putra - 01 Maret 2021 15:35 WIB
    Subsidi Kuota Tak Bisa Dipakai Buka Facebook, Instagram, dan TikTok
    Mendikbud Nadiem Makarim. Foto: IG @nadiemmakarim



    Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali melanjutkan bantuan kuota internet bagi siswa, guru, mahasiswa dan dosen. Kuota internet yang diberikan pada tahun ini dapat digunakan lebih fleksibel.

    Mendikbud Nadiem Makarim menyebut, tak ada paket kuota yang dipecah. Jika sebelumnya terbagi atas kuota belajar dan kuota umum, kini hanya tersedia kuota umum untuk mengakses seluruh laman dengan tujuan pembelajaran.






    Namun, masih ada beberapa aplikasi populer yang tak bisa diakses melalui subsidi kuota ini. Contohnya Instagram dan TikTok.

    "Di luar Facebook, Instagram, TikTok, hampir semua bisa digunakan kuota internet ini. Sekarang dengan kuota umum seperti ini, jauh lebih mudah semua bisa digunakan, termasuk Youtube," terang Nadiem dalam konferensi pers daring, Senin, 1 Maret 2021.

    Baca: Sampai Mei, Subsidi Kuota Internet Disalurkan Setiap Tanggal 11 Hingga 15

    Namun, saat kuota tidak dipecah antara kuota belajar dan kuota umum, besaran kuota umum menjadi menipis. Nadiem menjelaskan untuk siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) akan memperoleh volume kuota sebanyak 7 gigabyte (GB) per bulan.

    Siswa jenjang pendidikan dasar dan menengah akan memperoleh volume kuota sebanyak 10 GB per bulan. Padahal pada tahun sebelumnya pada jenjang ini diberikan sebesar 35 GB perbulan.

    Sementara untuk guru PAUD, jenjang pendidikan dasar dan menengah akan memperoleh 12 GB per bulan. Sedangkan tahun sebelumnya juga diberikan 35 GB per bulan.

    Baca: Jumlah Bantuan Kuota Internet 2021 Lebih Kecil dari Tahun Lalu

    Sedangkan untuk mahasiswa dan dosen, akan memperoleh kuota sebanyak 15 GB per bulan. Sebelumnya pada tahun 2020, ini mereka menerima sebesar 50 GB per bulan.

    "Kita kecualikan adalah yang khusus untuk entertainment, yang khusus untuk hal-hal yang tidak berhubungan dengan pendidikan yang kita kecualikan, dan untuk yang diblokir oleh Kemenkominfo dan yang tercantum pada situs resmi bantuan kuota data internet Kemendikbud, https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/," ujar Nadiem.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id