Bantah Rencana Pemakzulan Presiden Jokowi, BEM SI: Kami Tidak Terlibat

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 09 Februari 2021 16:48 WIB
    Bantah Rencana Pemakzulan Presiden Jokowi, BEM SI: Kami Tidak Terlibat
    Ilustrasi. Foto: MI/Saskia Anindyaputri



    Jakarta:  Beberapa hari terakhir beredar rencana pemakzulan Presiden Joko Widodo (Jokowi) oleh kelompok mahasiswa yang menamakan diri BEM Indonesia. Aksi ini pun dikaitkan dengan Aliansi BEM Seluruh Indonesia (BEM SI).

    Koordinator Pusat Aliansi BEM Seluruh Indonesia, Remy Hastian membantah bahwa BEM SI akan melakukan aksi pemakzulan Presiden Jokowi pada Jumat, 12 Februari 2021 yang bernarasikan pemakzulan Presiden Jokowi beserta kabinetnya, hingga mengembalikan Dwifungsi ABRI.

     



    “Tidak benar adanya BEM SI akan melaksanakan aksi pemakzulan Presiden Jokowi pada Jumat 12 Februari 2021, serta tidak terlibat sama sekali di dalamnya,” tegas Remy dalam Surat Klarifikasi yang diterima Medcom.id, Selasa, 9 Februari 2021.

    Ia pun mengatakan, pesan berantai yang tersebar merupakan atas nama BEM Indonesia bukan Aliansi BEM Seluruh Indonesia. “Jadi, tidak benar adanya BEM SI akan melakukan dan menginisiasi aksi Pemakzulan Pemerintah RI,” terangnya.

    Remy menekankan, bahwa BEM SI menjunjung tinggi nilai demokrasi dan bertindak konstitusional. BEM SI juga tidak membenarkan tindakan inkonstitusional berupa pemakzulan secara paksa (kudeta) terhadap Presiden.

    Ia menegaskan BEM SI menolak dengan tegas adanya upaya penggabungan kembali Dwifungsi ABRI yang jauh dari cita-cita reformasi. Selain itu, BEM SI tetap konsisten menolak adanya kebijakan tidak prorakyat.

    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id