Mahasiswa Kedokteran UNS Asal Myanmar Raih IPK Tertinggi

    Intan Yunelia - 17 Januari 2020 20:35 WIB
    Mahasiswa Kedokteran UNS Asal Myanmar Raih IPK Tertinggi
    Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Dokter Periode ke-211 UNS. Foto: UNS/Humas
    Jakarta:  Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Dokter Periode ke-211.  Dalam acara tersebut terdapat 17 calon dokter yang telah dinyatakan lulus dalam Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) November 2019 lalu. 

    “Berdasarkan hasil UKMPPD pada 10 November 2019 lalu terdapat 22 peserta dan yang dinyatakan lulus sebanyak 17 orang.  Selanjutnya, 17 mahasiswa profesi dokter tersebut yang dilantik pada hari ini,” ujar Paramasari, dalam siaran pers di Jakarta, Jumat, 17 Januari 2020.

    Ia juga menambahkan, calon dokter yang merupakan mahasiswa internasional asal Myanmar, dr. Yuzana Maung, berhasil lulus dengan IPK tertinggi, yaitu 3,55.  Yuzana akan dilantik serta diambil sumpahnya bersama dengan rekan-rekannya sesama mahasiswa profesi dokter di hadapan Dekan FK UNS, Dr. Reviono dan Wakil Rektor Bidang Akademik UNS Prof. Ahmad Yunus.

    Plt. Direktur Umum RS. Moewardi Surakarta, dr. Ikhwan Hamzah mengatakan, bahwa posisi dokter di tengah masyarakat merupakan sesuatu yang penting.  Oleh sebab itu, ia mengimbau agar dokter baru yang dilantik dapat menjaga nama baik dokter di manapun mereka ditugaskan.

    “Sumpah dokter adalah sesuatu yang ditunggu-tunggu oleh anda, keluarga, dan calon suami atau istri. Itu adalah gelar yang dipandang khusus oleh masyarakat secara umum. Nanti ketika kalian hidup di daerah masing-masing, anda punya strata khusus, artinya teman-teman harus menjaga nama baik dokter,” ujarnya.

    Imbauan senada disampaikan Ahmad Yunus.  Ia meminta agar 17 dokter yang dilantik dapat menjaga nama baik FK UNS dengan menjadi alumnus yang punya banyak peran dan pengabdian bagi masyarakat.

    Tidak hanya itu, Yunus juga berharap sikap dewasa dokter-dokter baru agar menghadapi segala sesuatu yang terjadi di tengah-tengah masyarakat dengan baik.  “Nanti masyarakat itu yang akan menilai tentang alumni UNS, terutama dokter-dokter baru. Masyarakat bisa menilai 2-3 tahun dokter-dokter baru belum banyak tahu kondisi masyarakat. Oleh karena itu, anda harus banyak berinteraksi dengan masyarakat. Kampus sesungguhnya dan kampus kehidupan ada di masyarakat,” ujar Yunus. 

    Hadir dalam Upacara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Dokter, yaitu Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Ahmad Yunus, Dekan FK UNS Dr. Reviono, Wakil Dekan FK UNS, Kepala Program Studi (Prodi) Profesi Dokter FK UNS, Vicky Eko Nurcahyo Sp. THT-KL(K), M. Sc, dan Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Umum RS. Moewardi Surakarta, dr. Ikhwan Hamzah.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id