comscore

Adaptasi di Tengah Pandemi, Kampus Harus Susun Pendekatan Radikal

Ilham Pratama Putra - 27 Juli 2021 11:45 WIB
Adaptasi di Tengah Pandemi, Kampus Harus Susun Pendekatan Radikal
Ketua FRI 2021 Panut Mulyono. Foto: YouTube
Jakarta: Rektor Universitas Gadjah Mada, Panut Mulyono siang ini akan dikukuhkan sebagai Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) periode 2021-2022. Dalam sambutannya, Panut menyoroti perubahan yang mesti dilakukan agar perguruan tinggi mampu beradaptasi di tengah pandemi.

"Covid-19 memotivasi kita untuk melakukan, menyusun pendekatan baru yang bersifat radikal untuk beradaptasi dan berkembang," kata Panut dalam Konferensi FRI Konvensi Kampus XVII dan Temu Tahunan XXIII FRI 2021, Selasa, 27 Juli 2021.
Menurut Panut, covid-19 telah membuat perguruan tinggi bertindak responsif, antisipatif dan bersungguh-sungguh memajukan dunia pendidikan. Perubahan luar biasa di dunia pendidikan tinggi terjadi selama pandemi.

"Dalam tempo singkat, jutaan pendidik hampir di semua jenjang menggunakan teknologi  digital. Satu yang tidak mudah dimulai sebelum datangnya pandemi meskipun teknologi telah tersedia," terangnya.

Baca juga:  Konferensi Forum Rektor Indonesia Bakal Digelar Besok, Ini Agendanya

Lebih lanjut, covid-19 juga telah mendidik para insan pendidikan tinggi untuk melakukan percepatan inovasi. Meskipun kondisi pandemi, secara jelas menjadi tantangan tersendiri yang lebih hebat.

Menurut Panut, covid-19 memang menyadarkan bahwa dunia memang penuh dengan ketidakpastian. Banyak kompleksitas yang mesti dipecahkan ke depan.

"Meskipun ada kekacauan luar biasa tapi covid-19 mendidik kita mempercepat perubahan yang seharusnya sudah kita lakukan sejak lama," tutupnya. 

(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id