Gaji Guru PPPK Bakal Menggunakan Dana BOS

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 08 Juli 2020 19:55 WIB
    Gaji Guru PPPK Bakal Menggunakan Dana BOS
    Ilustrasi. Foto: MI/Bary Fathahillah
    Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyebut pembiayaan guru berstatus Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) akan menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Dana BOS akan ditambah untuk membiayai guru PPPK.

    "Ada anggarannya langsung disalurkan ke sekolah, bisa untuk melakukan pembayaran langsung kepada guru," kata Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud, Iwan Syahril, dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi X DPR, Rabu, 8 Juli 2020.

    Iwan menjelaskan, pembayaran guru PPPK ini harus melalui platform sumber daya sekolah. Ini merupakan instrumen yang digunakan untuk memastikan mekanisme pembayaran bisa dilaksanakan dengan baik. Makanya, BOS akan terintegrasi dengan aplikasi terpadu Kemendikbud dalam manajemen sumber daya sekolah.

    "Selama jumlah calon guru PPPK belum mencukupi sesuai estimasi di awal, platform mengizinkan pembayaran guru PPPK dan guru honorer di saat bersamaan," jelasnya.

    Baca: Kemendikbud Siapkan Mekanisme Pengadaan Guru Berstatus PPPK

    Iwan menambahkan jika nantinya calon guru PPPK sudah mencukupi dengan estimasi yang dibutuhkan, otomatis dana BOS plus hanya bisa untuk menggaji guru PPPK yang lulus ujian seleksi. Hal ini agar rekrutmen guru bisa dikontrol.

    Iwan menyebut estimasi kebutuhan guru saat ini yakni 835 ribu. Estimasi ini didapat dari jumlah total guru yang dibutuhkan dikurangi jumlah PNS yang ada. "Kalau kita hitung dengan guru pensiun 2020-2021 angkanya mencapi 936 ribu yang kita butuhkan," jelasnya.

    (AGA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id