Penghematan Operasional Kampus Diminta Alihkan untuk Subsidi Mahasiswa

    Ilham Pratama Putra - 02 April 2020 13:33 WIB
    Penghematan Operasional Kampus Diminta Alihkan untuk Subsidi Mahasiswa
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id
    Jakarta:  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meminta Perguruan Tinggi mengalihkan biaya operasional pendidikan yang tidak terpakai selama masa darurat covid-19 untuk membantu mahasiswa.  

    "Penghematan biaya operasional penyelenggaraan pendidikan yang diperoleh selama dilakukan pembelajaran dari rumah (study from home), mohon dapat digunakan untuk membantu mahasiswa, seperti subsidi pulsa koneksi pembelajaran daring, bantuan logistik hingga bantuan kesehataan bagi yang membutuhkan," kata Plt. Dirjen Pendidikan Tinggi, Kemendikbud, Nizam dalam Surat Edaran yang diterima Medcom.id, Kamis, 2 April 2020.

    Baca juga:  Kebijakan Baru, Masa Kuliah Semester Ini Boleh Dikosongkan

    Intstruksi tersebut tertuang dalam Surat Edaran Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti) nomor 302/E.E2/KR/2020 tentang Masa Belajar Penyelenggaraan Program Pendidikan.  Surat edaran tersebut ditandatangani Nizam pada Selasa, 31 Maret 2020.

    Dalam surat itu juga diatur soal penambahan masa studi di perguruan tinggi selama satu semester bagi kampus yang membutuhkan, utamanya yang berada di red zone Korona.  Tak hanya itu, Nizam juga meminta agar penilaian tugas akhir selama masa darurat dapat dipertimbangkan dan diberi perhatian.

    Perguruan Tinggi diminta mengatur metode penelitian hingga jadwal penelitian yang biasanya harus dilakukan mahasiswa sebagai bagian dari tugas akhir. "Semua disesuaikan dengan status dan kondisi setempat," ujarnya.

    Baca juga:  Terdampak Korona, Orang Tua Harapkan Keringanan Uang Kuliah

    Begitu pula dengan pratikum laboratorium dan praktik lapangan. Semua aspek harus disesuaikan dengan status dan kondisi di daerah.  Namun dia meminta, agar persiapan pelaksanaan tetap dikoordinasikan dengan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) wilayah masing-masing. 

    "Periode penyelenggaraan kegiatan pembelajaran semester genap 2019/2020 pada seluruh jenjang program pendidikan agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing perguruan tinggi sehingga seluruh kegiatan akademik dapat terlaksana dengan baik," jelas Nizam.

    Sebelumnya, sejumlah orang tua mengharapkan adanya subsidi pembiayaan kuliah dalam masa darurat virus korona (covid-19). Terlebih lagi jika masa studi mahasiswa di kampus tempat anaknya menempuh pendidikan bakal diperpanjang hingga satu semester.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id