Rekomendasi BEM UGM Soal Korona untuk Pemerintah

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 23 Maret 2020 11:48 WIB
    Rekomendasi BEM UGM Soal Korona untuk Pemerintah
    Kampus UGM. Foto: UGM/Humas
    Jakarta: Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (BEM KM UGM) turut memberikan rekomendasi terkait persoalan penyebaran wabah virus Korona atau coronavirus disease (covid-19).  Rekomendasi ini disampaikan dengan melihat persoalan yang dihadapi masyarakat, mulai dari sulitnya mendapatkan akses informasi sebaran virus Korona hingga mahalnya melakukan tes covid-19.

    Rekomendasi pertama, BEM UGM meminta pemerintah mengalihkan dana yang digelontorkan pemerintah untuk menstimulasi ekonomi Indonesia sebagai upaya meredam dampak virus Korona.  Menurut BEM UGM dana stimulus sebesar Rp10,3 triliun tersebut lebih baik digunakan untuk peningkatan akses dan kualitas fasilitas kesehatan.

    “Dana tersebut dapat dialih fungsikan untuk hal yang sifatnya lebih mendesak dan dibutuhkan masyarakat saat ini, yaitu menyubsidi dan menstimulasi sektor medis dengan memperbanyak fasilitas rumah sakit yang siap dan siaga untuk menangani pasien virus Korona,” terang Menteri Hubungan Luar BEM KM UGM 2020, Bayu dalam siaran pers yang diterima Medcom.id, Jakarta, Senin, 23 Maret 2020.

    Lebih lanjut Bayu menyampaikan, bahwa kebutuhan masyarakat akan kejelasan tentang Virus  Korona juga jauh lebih penting daripada stimulus ekonomi yang sifatnya jauh dari kebutuhan  masyarakat.  Menurutnya, itu tidak akan menyelesaikan persebaran pandemik Virus Korona.  

    “Semakin cepat dan tanggap pemerintah dalam memfasilitasi masyarakat di sektor medis untuk pencegahan persebaran virus Korona,  akan semakin cepat pula produktivitas administrasi dan ekonomi dapat berjalan kembali,” jelasnya.

    Rekomendasi agar pemerintah mengalihkan dan stimulus ini memang bukan tanpa sebab.  Bayu mengungkapkan, saat ini masyarakat masih kesulitan untuk mendapatkan akses informasi sebaran virus Korona. Belum lagi, mahalnya biaya untuk melakukan tes laboratorium.

    BEM KM UGM juga meminta pemerintah mengeluarkan kebijakan yang tegas, jelas, dan terkoordinasi, untuk mengatasi persebaran Virus Korona serta dampaknya yang kekinian terus meningkat kasusnya dan mulai menyebar.  Selain itu ia juga mendorong pemerintah bisa menuntaskan pandemik virus Korona secepatnya sehingga tidak menimbulkan dampak yang serius dan berkelanjutan di berbagai bidang.

    “Menuntut Pemerintah untuk memberi perlindungan dan jaminan kesehatan kepada tenaga medis dan pekerja yang menjadi tangan pertama dalam penanganan pandemik virus covid-19, sebagai bentuk hadirnya negara” tegas dia.

    BEM UGM juga mengajak seluruh elemen masyarakat dan mahasiswa untuk selalu berperilaku hidup sehat, menjaga  kebersihan, serta menerapkan imbauan social distancing di dalam kehidupan sehari-hari.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id