Nadiem Belajar Debirokratisasi Langsung dari Presiden

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 31 Januari 2020 19:45 WIB
    Nadiem Belajar Debirokratisasi Langsung dari Presiden
    Mendikbud, Nadiem Makarim. Foto: Kemendikbud/Humas
    Jakarta:  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem mengatakan, dirinya mendapatkan pelajaran debirokratisasi langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).  Ia pun mengakui kualitas Jokowi dalam melakukan debirokratisasi.

    "Pak presiden ini memang jagoannya di bidang debirokratisasi. Beliau bilang sama saya, dan saya 100 persen setuju," ungkap Nadiem dalam acara IDE 2020, di kawasan Thamrin Jakarta Pusat, Kamis, 30 Januari 2020.

    Ia pun mengaku, terinspirasi dengan Jokowi yang bekerja lebih keras dari pada yang lain selama 24 jam tanpa henti.  "Beneran, itu luar biasa melihat Pak Presiden kerja itu jadi inspirasi kita, motivasi kita, untuk enggak setop kerja. Nonstop 24 jam," ungkap mantan bos Gojek ini.

    Nadiem pun mencontohkan, cara debirokratisasi yang diberikan Jokowi kepadanya.  Salah satunya terkait pembukaan prodi, ketimbang membuat aturan tentang izin, lebih baik menetapkan standar.

    Sehingga perguruan tinggi bisa lebih mudah membuka prodi, tanpa harus melalui proses izin yang panjang.

    "Kalau melanggar standar itu ditutup. Jadi yang mau lari duluan, yang kepingin, mereka bisa tanpa harus melalui proses birokrasi perizinan yang luar biasa panjangnya. Tapi kalau dia melanggar aturan minimum artinya yang merugikan masyarakat, di situ pemerintah harus tegas dan langsung menutup prodi tersebut, atau memaksa reakreditasi," tegasnya.

    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id