Kembali Dibuka, Begini Protokol Masuk Perpustakaan UGM

    Citra Larasati - 13 Agustus 2020 09:09 WIB
    Kembali Dibuka, Begini Protokol Masuk Perpustakaan UGM
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta:  Perpustakaan Universitas Gadjah Mada (UGM) mulai memberikan layanan kepada pengunjung secara luring sejak 3 Agustus 2020.  Perpustakaan dibuka untuk kunjungan terbatas bagi sivitas UGM, dengan terlebih dahulu melakukan pendaftaran.

    “Bagi para mahasiswa maupun sivitas akademika yang ingin berkunjung ke perpustakaan harus mengisi registrasi online di website perpustakaan. Di situ nanti pemustaka mengisi sesuai kuota yang tersedia di masing-masing unit layanan,” terang Kepala Bidang Layanan Perpustakaan UGM, Wahyu Supriyanto, Rabu, 13 Agustus 2020.

    Pengunjung perpustakaan, terangnya, harus menerapkan sejumlah protokol kesehatan, seperti mengenakan masker dan mencuci tangan sebelum memasuki gedung perpustakaan.  Selain itu juga wajib membawa perlengkapan pribadi seperti tempat minum, hand sanitizer, masker cadangan, alat ibadah, dan alat lain yang diperlukan.

    Ketika memasuki gedung perpustakaan, terdapat petugas yang akan mengecek nama pengunjung dalam daftar kunjungan dan memberikan kartu sesuai dengan unit layanan yang akan dikunjungi, serta melakukan mengecekan suhu tubuh. Apabila suhu tubuh melebihi 37,5 derajat Celcius maka pengunjung tidak diperkenankan untuk memasuki perpustakaan.

    “Suhu tubuh setiap pengunjung sesuai hasil pengukuran akan ditulis pada stiker yang ditempelkan di tubuh, sehingga orang lain bisa mengetahui suhu tubuh kita masing-masing,” imbuhnya.

    Baca juga:  UGM Tutup Kampus Cegah Penularan Covid-19

    Di samping itu, pengunjung juga diminta untuk memasuki ruangan yang dituju dengan menerapkan protokol kesehatan dan menjaga jarak dengan petugas maupun pengunjung lainnya. Pengunjung dan petugas perpustakaan sendiri dibatasi maksimal 50 persen dari total kapasitas gedung perpustakaan.

    Perpustakaan juga telah menyiapkan panduan jarak untuk mengantre di pintu masuk perpustakaan dan membuat jalur terpisah untuk akses masuk dan keluar gedung.

    “Kita mengikuti imbauan dari Kementerian Kesehatan untuk memastikan bahwa kita bisa menghindari kerumunan dan mencegah penularan,” ucapnya.

    Sebelum membuka layanan luring, Perpustakaan UGM melakukan pelayanan kepada mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan UGM dengan pembagian beberapa fase menuju kepada kenormalan baru.  Hal ini sesuai dengan arahan pemerintah dan pimpinan universitas.

    Pada fase pertama yang berlangsung sejak Maret hingga 15 Juni 2020, perpustakaan melakukan seluruh pelayanan secara daring melalui laman lib.ugm.ac.id dikombinasikan dengan komunikasi melalui e-mail dan media sosial.

    Sedangkan pada fase kedua yang berlangsung sejak 16 Juni sampai dengan 31 Juli 2020, perpustakaan melakukan pelayanan secara daring dan melakukan pelayanan luring dengan perjanjian khusus, terutama untuk mahasiswa yang akan mengembalikan koleksi dan mahasiswa tingkat akhir yang akan meminjam koleksi.

    Pada Agustus ini, layanan Perpustakaan mulai memasuki fase ketiga atau fase kenormalan baru di mana layanan dilakukan secara luring dan daring.

    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id