comscore

Kenalkan Blokchain dan Kripto, Mahasiswa ITS Rancang Ekosistem Bisnis Digital Masuk Sektor Pendidikan

Renatha Swasty - 28 Juni 2022 19:32 WIB
Kenalkan Blokchain dan Kripto, Mahasiswa ITS Rancang Ekosistem Bisnis Digital Masuk Sektor Pendidikan
Mahasiswa ITS pencipta inovasi platform edukasi mata uang digital. DOK ITS
Jakarta: Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menggagas solusi agar eksplorasi layanan blockchain dan aset kripto dapat diterima dan berkembang di sektor pendidikan yang ditargetkan untuk mahasiswa. Solusi ini mampu memperluas wawasan mahasiswa di bidang ekosistem finansial berkelanjutan dalam mata uang digital.

Eksplorasi layanan blockchain dan aset kripto saat ini masih mendapat banyak persepsi negatif dari masyarakat. Hal ini disebabkan banyaknya pihak yang masih meragukan mengenai cara kerja dan legalitas mata uang digital tersebut serta keamanan transaksi bagi penggunanya.
“Saat ini sudah banyak platform digital yang menyediakan transaksi fisik bitcoin dan aset kripto yang legal dan tepercaya,” kata mahasiswa Departemen Teknik Sipil ITS, Firmansjah Muhammad, dikutip dari laman its.ac.id, Selasa, 28 Juni 2022.

Firman menuturkan untuk menepis stigma negatif tersebut dibutuhkan upaya pengembangan ekosistem dalam menyebarluaskan kebebasan finansial dan ekosistem kripto di Indonesia. Mahasiswa sebagai agen perubahan menjadi target tepat untuk membawa masuk inovasi platform tranksaksi kripto bisa diterima masyarakat lewat program edukasi mata uang digital.

Bersama kedua anggota lainnya, Nur Alifiah Mutik Ghassani dan Muhammad Dzakwan Nabil, Firman menginisiasi ide inovatif untuk mengembangkan platform edukasi daring mengenai kripto dengan harga terjangkau. “Selain dengan kursus online, bermitra dengan kampus menjadi salah satu solusi untuk memperluas jangkauan di tingkat mahasiswa,” kata pemuda asal Jakarta itu.

Firman menuturkan program edukasi mata uang digital tersebut akan turut aktif terjun untuk memberikan webinar dan kuliah tamu langsung di beberapa universitas mitra. Adapun keuntungan yang dapat diperoleh mahasiswa prioritas yang berpartisipasi dalam program ini adalah mahasiswa bisa memperoleh modul pembelajaran tambahan dan kartu hadiah kripto.

“Mahasiswa juga bisa mengikuti bootcamp mata uang kripto untuk memperluas wawasan seputar mata uang digital ini,” tutur dia.

Ide inovatif membawa platform tranksaksi kripto di sektor pendidikan melalui program edukasi mata uang digital ala mahasiswa ITS ini telah berhasil membawa tim yang diketuai Firman menyabet gelar Juara 1 dalam kompetisi Gadjah Mada Business Case Competition (GMBCC).

“Harapannya, pemuda-pemuda Indonesia mampu memperluas keilmuannya mengenai bisnis digital berkelanjutan dan membawa perubahan bagi perekonomian bangsa,” kata Firman.
 
Baca juga: Masih Bingung Apa Itu NFT? Ini Penjelasan Pakar Unpad

 


(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id