comscore

Rektor Pastikan Unnes Siap Jadi PTNBH

Renatha Swasty - 18 Februari 2022 10:40 WIB
Rektor Pastikan Unnes Siap Jadi PTNBH
Rapat antarkementerian terkait perubahan Unnes menjadi PTBH. DOK Unnes
Jakarta: Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Fathur Rokhman memastikan pihaknya siap bertranformasi dari Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTNBLU) menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH). Segala hal tengah disiapkan.

“Ini merupakan cita-cita besar dalam membangun Unnes menjadi perguruan tinggi yang berkelas dunia. Membangun pendidikan yang berkualitas,” kata Fathur dalam rapat panitia antarkementerian membahas Rancangan Peraturan Pemerintah tentang PTNBH Universitas Negeri Semarang dikutip dari laman unnes.ac.id, Jumat, 18 Februari 2022.
Fathur menyebut Unnes memiliki visi menjadi universitas bereputasi dunia. Serta pelopor kecemerlangan pendidikan yang berwawasan konservasi.

“Semangat Unnes agar lebih cemerlang dengan kekhasannya menjadi universitas bereputasi dunia, pelopor kecermelangan pendidikan yang berwawasan konservasi dengan spirit Rumah Ilmu Pengembang Peradaban,” kata Fathur.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Nizam mengatakan perubahan PTNBH harus dipersepsikan memberikan otonomi perguruan tinggi dengan kebebasan. Serta mengacu pada tata kelola kemerdekaan akademik.

“Jangan dimobilisasi kendaraan mahasiswa, UKT semakin banyak jangan sampai itu terjadi harus dijaga betul dengan dijaganya tata kelola yang baik dengan menyejahterakan dosen, tendik, dan mahasiswa,” tegas Nizam.

Nizam berpesan Unnes tetap menjaga mandat dan misi menjadi LPTK terbaik. Serta setia pada mandat dan visi misi.

"Karena saya berharap ada Unnes menjadi LTPK dengan pendidikan yang terbaik melalui visi misi. Mudah-mudahan UNNES dapat berlari menjadi unggul di tingkat nasional maupun global,” kata dia.

Direktur Jendral Peraturan Perundang-undangan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Benny Riyanto menyampaikan rapat ini merupakan kegiatan vital. Sebab, menentukan statuta Unnes.

“Statuta harus dipayungi dengan payung hukum yaitu peraturan pemerintah melalui mekanisme yang sudah ditentukan,” ucap Benny.

Benny berharap penentuan statuta ini tidak terlalu lama. Sehingga, transformasi Unnes menuju PTNBH segera selesai.

Baca: Kemenag Dorong PTKN BLU Segera Jadi PTNBH
 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id