comscore

Kurikulum Prototype Beri Kebebasan Sekolah Melakukan Inovasi Pembelajaran

Ilham Pratama Putra - 21 Januari 2022 20:34 WIB
Kurikulum Prototype Beri Kebebasan Sekolah Melakukan Inovasi Pembelajaran
Ilustrasi. Foto: MI/Bary Fathahillah
Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi bakal menjadikan Kurikulum Prototype sebagai kurikulum nasional pada 2024. Kurikulum Prototype ini dirancang hanya sebagai kerangka dasar pembelajaran.

Artinya, sekolah diberikan kepercayaan untuk berinovasi secara mandiri dalam mengembangkan metode pembelajaran. Hal ini dinilai sebagai terobosan tepat dari kurikulum nasional.
"Kurikulum di tingkat nasional itu sifatnya kerangka dasar. Untuk itu ada lagi kurikulum di tingkat satuan pendidikan yang dibedakan karena kesadaran kurikulum itu harus kontekstual," ujar Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek, Anindito Aditomo, dalam webinar Suara Edukasi, Jumat 21 Januari 2022.

Ia mengatakan sekolah yang memiliki otoritas yang tepat bagaimana membangun pembelajaran yang kontekstual itu. Sebab, pembelajaran mesti sesuai dengan kebutuhan belajar anak, daerah, dan sumber daya manusia yang ada di sekolah.

"Karena perbedaan yang besar (di sekolah) itu, pusat tidak bisa menetapkan semuanya sama. Maka yang kita buat kerangka dasar dan struktur dasar," lanjut Nino.

Kemendikbudristek menyebut telah memerinci agar kurikulum yang menjadi struktur dasar ini bertahan lama. Sehingga, bisa mengakomodasi variasi model pembelajaran di Indonesia.

"Tapi kalau sudah di rinci di pusat, yang wajib jadi banyak, maka sekolah malah enggak punya ruang improvisasi," ungkapnya.

Makanya, kata Nino, Kurikulum Prototype dirancang lebih fleksibel. Pemerintah pusat tak mematok implementasi kurikulum di masing-masing sekolah.

"Kalau tidak begitu berarti yang harus selalu diubah-ubah ya di tingkat pusat. Kalau kita merancang kurikulum nasional yang fleksibel tentu bisa bertahan lama, tidak cepat diubah-ubah. Yang berubah biarlah di tingkat satuan pendidikan, tiap semester bahkan mesti diimprovisasi terus menerus," tutup dia.

(AGA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id