comscore

BPK Penabur Jakarta Gelar Turnamen Esport Antarpelajar

Arga sumantri - 14 Juni 2022 21:31 WIB
BPK Penabur Jakarta Gelar Turnamen Esport Antarpelajar
Caster turnamen esport BPK Penabur Jakarta 2022. Foto: Dok BPK Penabur Jakarta.
Jakarta: BPK Penabur Jakarta kembali menggelar turnamen esport bertajuk Penabur Esport Tournament (PESTA) 2022. Sebanyak 228 peserta didik berpartisipasi dalam turnamen tahun ini.

"Turnamen esport merupakan salah satu bentuk kegiatan di luar pelajaran formal yang diselenggarakan BPK Penabur Jakarta," kata Kepala Jenjang SLTAK Penabur Jakarta Enche Wijaya melalui keterangan tertulis, Selasa, 14 Juni 2022.

Enche menyatakan total 38 tim mengikuti turnamen yang digelar pada 13-14 Juni 2022 secara online ini. Sebanyak 34 di antaranya tim jenjang SLTA, 2 tim jenjang SMP, dan 2 tim SPK BPK Penabur Jakarta. Selain memberikan hiburan, kata dia, turnamen ini juga melatih pikiran kritis, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi.

Ia mengatakan pikiran kritis dibangun melalui kemampuan peserta didik dalam menyusun strategi bertanding dan membaca strategi lawan. Kemudian, kreativitas dibangun manakala setiap tim menciptakan strategi permainan dalam turnamen. 

"Kemampuan communication harus dibangun guna menciptakan irama antar anggota tim, sehingga dapat berkolaborasi dengan baik," ujar Enche.

Baca: UIN Jakarta Gelar Seleksi UM-PTKIN Hari Pertama

Di Indonesia, turnamen esports mulai diadakan secara resmi sejak 1999. Perkembangan esport di Indonesia semakin maju ditandai munculnya berbagai turnamen esport ternama seperti Mobile Legends Professional League Indonesia (MPL ID). 

PESTA 2022 terinspirasi dari turnamen tersebut. Selain antusiasme dari para pemain, keseruan pertandingan PESTA 2022 semakin terasa dengan kehadiran caster

Caster adalah komentator dalam pertandingan esport yang berperan membuat turnamen menjadi seru, meriah, dan dapat mencairkan suasana. Oleh karena itu, untuk menjadi caster diperlukan pengetahuan luas terkait game yang akan dipertandingkan.

Nicholas Bryant, peserta didik SMAK 5 Penabur, merupakan salah satu caster pada PESTA 2022. la membagikan persiapan yang sudah dilakukan.

"Persiapan yang saya lakukan untuk menjadi caster profesional yakni dengan banyak menonton pertandingan esport Mobile Legend, serta mencoba beberapa adegan di dalam game," kata Nicholas.(AGA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id